BTS Sumbang Ekonomi Korsel hingga USD37 Miliar

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 23 September 2019 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 23 320 2108252 bts-sumbang-ekonomi-korsel-hingga-usd37-miliar-H6jZP8mgi9.jpg Boyband asal Korsel, BTS. (Foto: Okezone.com/Soompi)

JAKARTA - 1964 menjadi tahun berharga bagi sebuah boy band Inggris bernama The Beatles. Debutnya di televisi berhasil mengubah wajah industri musik hingga saat ini. Lebih dari 50 tahun kemudian, sebuah boy band di belahan dunia lain kembali melakukannya.

Baca Juga: Sesekali Mereda, Tensi Perang Dagang AS-China Diprediksi Belum Berakhir

"Apakah Anda bagian dari @BTS_twt #ARMY? Berikut alasan mengapa band ini telah menjual jutaan album dan dapat menghasilkan nilai ekonomi USD37 miliar untuk Korea Selatan dalam 10 tahun ke depan," dikutip dari akun Twitter resmi CNBC International, Jakarta, Senin (23/9/2019).

BTS

Dia adalah BTS, boy band beranggotakan tujuh orang pria asal Seoul, Korea Selatan. Band ini telah menjual jutaan album dan merupakan salah satu artis yang paling banyak ditonton di Youtube. Belum lagi konser pertunjukan mereka di seluruh dunia selalu terjual habis dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Pekan Depan, Investor Kembali Fokus pada Hasil Pertemuan Negosiasi AS dengan China

Diperkirakan bahwa BTS bernilai sekitar USD3,6 miliar per tahun untuk perekonomian Korea Selatan dan lebih dari USD1 miliar dalam ekspor konsumen. Sang idola, seperti yang disebut oleh fansnya, adalah alasan mengapa 1 dari setiap 13 turis asing mengunjungi negara itu pada tahun 2017.

Pada Mei 2019, di MetLife Stadium di New Jersey, hampir 100 ribu orang datang untuk menonton konser band ini. Diketahui penjualan tiket berada pada harga antara USD55 sampai USD250 dolar per tiket. Penjualan dari dua pertunjukan itu mencapai lebih dari USD14 juta. Di bulan yang sama, BTS hadir di Chicago dan sekitar 88 ribu orang datang ke Soldier Field. Selama dua pertunjukan berlangsung, band ini menghasilkan sebanyak USD 13,3 juta dalam penjualan tiket.

BTS bahkan bermitra dengan Visit Seoul dalam kampanye pariwisata, Menara Namsan dan Jembatan Banpo yang ditampilkan dalam video karena kampanye telah menjadi hot spot bagi wisatawan. BTS harus mempertahankan popularitas mereka setelah dapat menghasilkan USD37 miliar dalam nilai perekonomian untuk Korea Selatan selama 10 tahun ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini