nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fintech Mulai Gerogoti Bisnis Perbankan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 30 September 2019 06:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 29 320 2110729 fintech-mulai-gerogoti-bisnis-perbakan-yaGzN6WO9H.jpg Ilustrasi Fintech

JAKARTA - Fenomena industri financial technology (fintech) ini sudah sangat nyata di kehidupan sehari-hari masyarakat. Keberadaan fintech ini disebut-sebut sudah 'menggilas' bisnis bank.

Sejalan, Bank Indonesia menyebut industri financial technology (fintech) mulai menjajah bisnis perbankan. Hal ini dibuktikan dengan sudah tersediannya beberapa layanan perbankan di perusahaan fintech ini.

Tak hanya itu, saat ini pun sudah ada aplikasi uang elektronik yang memberikan kemudahan. Berdasarkan data Bank Indonesia, layanan transfer perbankan juga terus mengalami penurunan. Sedangkan layanan uang eletronik terus meningkat.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut fintech bisa meningkatkan inklusi keuangan. Akselerasi keterjangkauan akses keuangan untuk masyarakat menjadi lebih mudah dan membantu pemerintah yang ingin membuka layanan akses keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Perubahan perilaku konsumen menuntut perbankan untuk lebih adaptif dengan teknologi digital. Karena jika tidak, maka perbankan akan bisa ditinggal nasabah. OJK bahkan telah menyusun Peraturan OJK (POJK) Nomor 12/2018 yang salah satunya bertujuan untuk mendukung efisiensi operasional, meningkatkan layanan, dan mengadopsi teknologi TI.

Industri fintech melalui peer to peer lending (P2P) menjadi penantang kuat dari industri keuangan lainya termasuk perbankan.Apalagi P2P lending ini memiliki berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki oleh perbankan. Salah satunya kemudahan dalam memberikan pinjaman tanpa agunan dengan cepat pula.

Baca Selengkapnya: 7 Fakta Menarik Fintech Mulai Gilas Perbankan

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini