nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Tol Ditutup saat Aksi Demo, Menteri Basuki Beberkan Kerugiannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 15:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 01 320 2111520 jalan-tol-ditutup-saat-aksi-demo-menteri-basuki-beberkan-kerugiannya-WNiNoM9YQy.jpg Aksi Demo di Tol (Okezone)

JAKARTA – Aksi demo beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan pada sejumlah fasilitas umum hingga penutupan jalan tol dalam kota milik PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimudjono, hingga saat ini tidak ada fasilitas umum atau infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian PUPR mengalami kerusakan. Meskipun begitu, dirinya akan terus memantau perkembangan dan situasi terkini setiap waktunya.

 Baca juga: Menteri Basuki Bujuk Investor Pasar Modal Biayai Pembangunan Tol

"Enggak ada. Yang ada kan di tol itu," ujarnya di Jakarta, Senin (1/10/2019).

 Aksi Demo

Menurut Basuki, jikalau berbicara dampak memang sangat terasa oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seperti Jasa Marga. Karena jalan tol di dalam kota terpaksa harus ditutup karena adanya kerusakan.

 Baca juga: Hari Ini Perbaikan Tol Jagorawi Dimulai

Pasalnya, jika memang ditutup maka BUJT tidak akan mendapatkan penghasilan dari jalan bebas hambatan tersebut. Meskipun begitu, dirinya memperkirakan dampak kerugiannya tidak terlalu signifikan.

"Iya. Kalau ditutup di sini kan, dia masih bisa masuk di gerbang sesudahnya. Dan itu memang dalam kota semua kan," ucapnya.

Lagi pula, lanjut Basuki, tidak semua Gerbang Tol (GT) ditutup pada saat kerusuhan. Hanya beberapa GT saja yang dianggap membahayakan yang ditutup oleh BUJT.

Oleh karena itu, para pengguna kendaraan masih melewati jalan tol dalam kota dengan menggunakan GT lainnya. Basuki mencontohkan, ketika akses Gerbang Tol Senayan 1 ditutup maka pengguna jalan dapat menggunakan GT Senayan 2.

"Menurut saya ya enggak (signifikan). Ya kerugian rusaknya gerbang gerbang tol itu saja," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini