nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penerimaan CPNS 2019 Dibuka Usai Jokowi Dilantik

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 10:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 03 320 2112299 penerimaan-cpns-2019-dibuka-usai-jokowi-dilantik-Mg2PyUp78u.jpeg Tes CPNS (Foto: Okezone.com/Dok. PANRB)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menunggu kebijakan pemerintah untuk mengumumkan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Dalam seleksi CPNS ini, BKN bertindak sebagai ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya masih menunggu kepastian dan arahan dari pemerintah. Karena, meski presidennya sudah dipastikan Joko Widodo, namun posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenpanRB) masih belum jelas.

Baca Juga: Fakta Penerimaan CPNS 2019 Sudah Dekat, Nomor 6 Jadwal Tesnya

Menurut Ridwan, posisi menteri yang sudah pasti akan memudahkan pihaknya untuk mengeluarkan kebijakan pembukaan CPNS 2019. Jadi BKN harus menunggu arahan langsung dari pemerintah yang diwakili oleh MenpanRB.

Infografis CPNS 2019

“Kita tunggu kebijakan pemerintah. Presidennya tetap, tapikan menteri menterinya belum,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Penerimaan CPNS 2019 Dibuka Oktober, Tesnya Februari 2020

Ridwan berharap agar jabatan MenpanRB nantinya tetap diisi oleh orang lama. Hal tersebut untuk memudahkan koordinasi dengan pihak pemerintah karena kebijakan dan wacana pendaftaran CPNS ini dilakukan dengan Menteri yang lama.

“Mudah-mudahan enggak perlu menteri baru,” ucapnya.

Meskipun begitu, Ridwan mengaku jika BKN siap kapan pun jika nantinya pemerintah meminta seleksi CPNS segera dibuka. Karena seluruh persiapan dari mulai sistem bahkan alat untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sudah siap.

“Tapi BKN siap apapun yang diperintahkan negara untuk perekrutan ASN kami siap,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan pembukaan pendafatran CPNS akan dilakukan bulan ini. Nantinya kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dibuka sebanyak 197.111 formasi. Dari jumlah tersebut terdiri dari 159.000 formasi pemerintah daerah dan 37.000 formasi pemerintah pusat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini