10 Cara Anti-Mainstream Rapikan Buku Resep, Bisa Taruh di Rak Bumbu

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 15 470 2117231 10-cara-anti-mainstream-rapihkan-buku-resep-masak-bisa-taruh-di-rak-bumbu-mrLmy4kHvf.jpg Buku Masak (The Spruce)

JAKARTA - Sering kali buku-buku resep berhamburan di rumah kita. Salah-salah malah jadi menghilang bahkan tak sengaja menjadi kotor dan rusak.

Melihat dari fungsinya sendiri, buku masak sangatlah berguna. Apalagi bagi kamu yang ingin berkreasi dalam memasak.

Oleh sebab itu, perlu penataan letak buku-buku masak tersebut. Hal ini agar terlihat rapi dan nyaman untuk dilihat dan digunakan.

 Baca juga: Daftar Warna Cat dan Manfaatnya, dari Pintu Masuk sampai Dapur

Oleh sebab itu, melansir The Spruce, Selasa (15/10/2019), berikut 10 ide penyimpanan buku masak yang membuat dapur kamu semakin bergaya.

1. Menyimpan Buku Masak seperti Perancang Interior

 Menyimpan Buku Masak seperti Perancang Interior

Meskipun resep bisa dilihat di gadget, namun masih ada beberapa yang masih menggunakan buku resep masak untuk melihat resep makanan.

Buku masak tidak hanya memberikan informasi berharga, tetapi sebagian besar juga terlihat bagus. Ide-ide penyimpanan buku resep ini akan membantu kamu menambah gaya dan fungsi dapur kamu.

2. Tempatkan Peti Antik di Atas Meja

 Tempatkan Peti Antik di Atas Meja

Menyimpan buku masak di atas meja sangat ideal untuk buku yang sering kamu gunakan karena mudah diakses. Ide yang digambarkan di sini menambah karakter vintage dengan menempatkan buku-buku di peti tua.

3. Simpan Buku Masak di Dekat Rak Minuman

 Simpan Buku Masak di Dekat Rak Minuman

Ide tampilan buku resep ini memerlukan perencanaan yang lebih banyak jika kamu belum memiliki rak, tetapi investasi ini sepadan jika kamu memiliki ruang. Untuk mereplikasi tampilan ini pada built-in yang ada, atur buku masak kamu dengan warna di sisi rak yang berganti-ganti.

4. Gunakan Bufet untuk Menyimpan Banyak Buku Masak

 Gunakan Bufet untuk Menyimpan Banyak Buku Masak

Jika kamu memiliki lebih dari sepuluh buku masak dan memiliki dapur yang cukup luas, gunakan bufet sebagai rak buku tersebut. Cobalah ini di dapur kamu dan coba hilangkan pintu pada bufet tersebut dan kemudian menambahkan beberapa kait di samping bufet.

5. Gunakan Rak Bumbu

Pertimbangkan ide ini jika dapur kecil kamu kekurangan ruang penyimpanan baik di atas meja maupun di dalam lemari yang ada.

6. Bangun Rak Buku di Ujung Semenanjung Dapur

 Bangun Rak Buku di Ujung Semenanjung Dapur

Jika kamu memiliki pintu masuk yang cukup lebar, maka perbarui dengan menambahkan rak di bagian ujung untuk buku masak kamu. Rak terbuka akan memastikan buku masak kamu adalah titik fokus, jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk mengaturnya.

7. Buku Masak di Rak Terbuka

 Buku Masak di Rak Terbuka

Rak terbuka dalam desain dapur saat ini sedang populer, tetapi penting bagi kamu untuk mempelajari cara menatanya. Tetapi, salah satu kelemahan rak terbuka tersebut adalah bahwa tergantung pada bagaimana kamu mengatur rak. Simpan buku masak yang paling sering kamu gunakan di rak bawah dan simpan secara vertikal.

8. Biarkan Buku Masak Diatur di Pantry

 Biarkan Buku Masak Diatur di Pantry

Jika dapur kamu memiliki pantry, lihat apakah kamu dapat menunjuk salah satu rak untuk penyimpanan buku masak. Kelompokkan buku masak kamu berdasarkan warna untuk membuat tampilan lebih menarik. Kamu juga bisa meletakkan apapun yang bisa berfungsi sebagai sandaran buku untuk ide ini.

9. Copot Pintu Lemari Rak untuk Dapat Menyimpan Buku Masak

 Copot Pintu Lemari Rak untuk Dapat Menyimpan Buku Masak

Jika kamu ingin tampilan rak terbuka tetapi tidak memiliki sarana untuk merobek lemari yang ada, cukup lepaskan salah satu pintu. Berikan lapisan cat baru di dalamnya, dan kamu akan bisa membuat buku resep tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk memperbarui dapur.

10. Simpan Buku Masak di Rak Pengeringan Piring Antik

 Simpan Buku Masak di Rak Pengeringan Piring Antik

Ada banyak keranjang dan nampan di pasaran yang akan bekerja dengan sempurna untuk menaruh buku resep di meja kamu. Tetapi, kamu bisa melihat di sekitar rumahmu apakah kamu memiliki sesuatu yang vintage yang dapat digunakan kembali, seperti rak pengering piring ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini