nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Peserta, Lomba Desain Ibu Kota Baru Diminati Warga Negara Asing

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 470 2118758 banjir-peserta-lomba-desain-ibu-kota-baru-diminati-warga-negara-asing-qflwdkankU.png Desain Ibu Kota Baru (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR), mencatat ada sekitar 672 pendaftar yang ikut sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara (IKN).

 Baca Juga: Bappenas Tampung Permintaan Warga Dayak Lahan 5 Ha Tiap Keluarga

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan bahwa 672 pendaftar itu jauh dari ekspetasi penyelenggara.

"Jadi, jumlah tersebut berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Di mana paling banyak ada dari DKI Jakarta. Dan Ini akan bertambah bisa sampai 700," ujar dia di kantornya, Jumat (18/10/2019).

 Baca Juga: Kerusuhan Penajam Tak Hambat Pembangunan Ibu Kota Baru

Bahkan, lanjut dia, ada pendaftar dari luar negeri. Ada 12 kelompok teregister bukan dari Indonesia. Pendaftaran masih dibuka sampai 21 Oktober 2019.

"Kami juga sengaja memperpanjang pendaftaran. Di mana dari yang seharusnya ditutup hari ini," jelas dia.

 Ibu Kota Pindah

Menurut dia perpanjangan pendaftaran ini dilakukan, karena, ada tahapan penjelasan lapangan yang dilaksanakan pada 21 Oktober di lokasi ibu kota baru, Kalimantan Timur. Sedangkan penyetoran karya, berlangsung pada 18-29 November 2019. Sedangkan penjurian dilaksanakan pada 9-13 Desember 2019.

"Semua karya peserta akan diperiksa secara administratif oleh Tim Pelaksana pada 2 - 6 Desember 2019. Dan untuk memastikan bahwa materi atau dokumen peserta memenuhi persyaratan yang diminta sesuai Kerangka Acuan Kerja," pungkas dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka sayembara untuk membuat desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Nantinya semua pihak baik swasta maupun elemen masyarakat lainnya bisa mengikuti sayembara tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengatakan desainnya nantinya harus menyangkut pada 3T yaitu kota yang memiliki toleransi, top tallent dan teknologi. Menurut Basuki, ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain.

 Ibu Kota Pindah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini