nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nadiem hingga Erick Thohir ke Istana Jadi Bukti Jokowi Fokus Ekonomi Digital

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 320 2119803 nadiem-hingga-erick-thohir-ke-istana-jadi-bukti-jokowi-fokus-ekonomi-digital-WURqnlaO8Y.jpg Ekonomi DIgital (Reuters)

JAKARTA - Hadirnya sejumlah tokoh calon jajaran Kabinet Kerja Jilid II ke Istana Negara memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah menggambarkan arah kebijakan ekonomi lima tahun ke depan. Terkhusus dengan hadirnya Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Tohir.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, kehadiran ketiganya dinilai menunjukkan pemerintahan Jokowi akan fokus mendorong ekonomi digital. Menurutnya, insentif, pengawasan, perizinan di sektor ekonomi digital akan lebih tajam.

 Baca juga: Jadi Calon Menteri, Edhy Prabowo Punya Kekayaan Rp4,56 Miliar

"Kelihatannya porsi kebijakan di bidang ekonomi digital akan mendominasi. Orang-orang itu kan memahami ekosistem ekonomi digital dan berpengalaman (di digital)," ujar Bhima kepada Okezone, Senin (21/10/2019).

 Nadiem Makariem

Dia mengatakan, langkah Jokowi untuk mendorong ekonomi digital sangat tepat, lantaran itu diperlukan Indonesia untuk mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya, sektor ekonomi digital dalam negeri memiliki potensi yang sangat besar. Tercermin dari banyaknya startup lahir di Indonesia bahkan di antaranya berstatus unicorn (nilai valuasi USD1 miliar) dan decacorn (nilai valuasi USD10 miliar).

 Baca juga: Komut Adhi Karya Fadjroel Rachman Dipanggil Jokowi, Siapa Dia?

"Sehingga memang perlu diberikan perhatian khusus," tambahnya.

Sementara itu, pengembangan sektor konvensional seperti sumber daya alam dan manufaktur bisa dilakukan berkolaborasi dengan sektor ekonomi digital. Bhima mengatakan, sektor digital seperti e-commerce dan fintech bisa memberikan dukungan bagi industri manufaktur dan pertanian.

 Baca juga: 6 Fakta Erick Thohir Menuju Kabinet Kerja Jilid II, Bikin Investor Kecipratan Cuan

Seperti dengan memanfaatkan e-commerce untuk memutus rantai pasok yang panjang di sektor manufaktur. Kemudian, fintech dapat digunakan untuk sektor pertanian mendapatkan pendanaan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini