nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRI Buka Peluang Investasi di Traveloka

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 24 320 2121335 bri-buka-peluang-investasi-di-traveloka-ofIOiok9As.jpg Traveloka. (Foto: Okezone.com/Ist)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membuka peluang menanamkan modal di Traveloka, startup unicorn Indonesia yang bergerak di sektor jasa. Meski demikian, perusahaan pelat merah itu belum menyebutkan detail rencana investasi tersebut, termasuk soal besaran dana yang disiapkan.

Baca Juga: BRI Salurkan KUR Rp77,26 Triliun hingga Akhir September 2019

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan, menghadapi disrupsi di era digitaliasi maka perseroan harus mampu melihat peluang yang ada. Salah satunya melakukan kerjasama atau berinvestasi di perusahaan teknologi, seperti Traveloka.

Traveloka

"Jadi kerjasama yang optimal itu, bisa dalam kerjasama operasi, bisa juga dengan kami titip jual produk di sana lewat aplikasinya, atau bisa juga kami ikut ownership (kepemilikan) di dalamnya. Kami cari yang optimal, kalau ketiganya optimal, maka kami lakukan semua," ujar Sunarso di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca Juga: Tumbuh Pesat, Pemegang Polis Asuransi Mikro BRI Bertambah 4 Juta dalam 9 Bulan

Menurutnya, sebagai startup dengan nilai valuasi USD1 miliar, Traveloka pasti memiliki jumlah pelanggan yang cukup tinggi. Dengan demikian, kegiatan transaksi yang terjadi di dalamnya juga tinggi, berasal dari pembelian tiket perjalanan hingga booking penginapan.

Maka Traveloka merupakan startup yang tengah dibidik BRI karena selain bisa menambah jumlah transaksi di bank pelat merah itu, tapi sekaligus bisa mendukung sektor pariwisata dalam negeri.

"Jadi ada sesuatu nilai tambah dimana pun kita ikut sharing ekonomi ini," katanya.

Meski demikian, Sunarno menyatakan, BRI belum menentukan besaran nilai investasi yang direncanakan ke Traveloka. Namun, perseroan memang mengalokasikan dana sekitar Rp5 triliun pada tahun ini untuk berinvestasi.

"Alokasi dana itu bisa ditaruh di satu target saja, atau bisa di beberapa," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini