nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kakek Nenek Terkaya di China, 84 Tahun Punya Harta Rp43,4 Triliun

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 15:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 07 320 2126953 kakek-nenek-terkaya-di-china-84-tahun-punya-harta-rp43-4-triliun-nPGGYR40FN.jpg Ilustrasi Orang Kaya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Fobes merilis daftar 400 orang terkaya di China. Para orang kaya di China berasal dari berbagai kalangan, dari yang termuda berusia sekitar 30 tahun hingga yang tertua berumur 84 tahun.

Para pengusaha ini meraup untung dari berbagai sektor mulai dari properti, obat-obatan, minuman, dan lain-lain. Berikut adalah daftar 10 miliarder tertua asal China dilansir dari Forbes, Kamis (7/11/2019):

1. Wu Zhigang (84 Tahun)

Wu Zhigang mengepalai jaringan toko roti Shanghai Toly Bread yang terdaftar di Shanghai. Istri Wu Zhigang, Sheng Yali, dan putra Wu Xuedong, Wu Xuequn dan Wu Xueliang memiliki saham di Toly. Kini, pria berusia 84 tahun ini memiliki kekayaan bersih sebesar USD3,1 miliar atau Rp43,4 triliun (kurs Rp14.000 per USD)

Baca Juga: 5 Kampus Penghasil Miliarder, Paling Banyak Harvard

2. Ruan Shuilong - 83 Tahun

Ruan Shuilong adalah pemegang saham terbesar di Zhejiang Longsheng Group, pemasok bahan kimia khusus dan berbagai pewarna. Organisasi pendahulu Longsheng adalah pabrik insektisida yang didirikan di komune yang didirikan di timur kota Shangyu pada tahun 1970. Kini, kekayaan bersih pria berusia 83 tahun ini senilai USD2,02 miliar.

3. Wang Long - 79 Tahun

Wang Long adalah ketua dan CEO pengolah daging WH Group. WH mengakuisisi Smithfield yang bermarkas di Virginia, prosesor babi dan produsen babi terbesar di dunia, pada 2013. Smithfield menyelesaikan akuisisi Clougherty Packing, prosesor daging babi terbesar di California, pada 2017. WH Group sebelumnya dikenal sebagai Shuanghui International, dan berganti nama pada tahun 2014. Kini, pria berusia 79 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD1,95 miliar.

Wang Long

4. Chan Laiwa - 78 Tahun

Fu Wah International Group dari Chan Laiwa adalah salah satu pengembang real estate terbesar yang berkantor pusat di Beijing. Fu Wah terkenal karena pengembangan Jalan Jinbaonya dengan Menara Jinbao, Gedung Bupati, dan Klub Joki Hong Kong Beijing.

Fu Wah juga telah berkembang di luar China dalam beberapa tahun terakhir, serta berinvestasi di hotel-hotel di Australia dan Selandia Baru. Wanita berusia 78 tahun kini memiliki kekayaan bersih senilai USD5,8 miliar.

5. He Xiangjian - 77 Tahun

Pengusaha He Xiangjing membangun Midea Group menjadi salah satu pembuat alat terbesar di dunia. Pada 1968 ia memimpin 23 penduduk lokal dari kota Beijiao di Provinsi Guangdong untuk membentuk bengkel produksi yang menjadi Midea. Media memiliki lebih dari 200 anak perusahaan, termasuk perusahaan, termasuk perusahaan robotika yang berbasis di Jerman, Kuka. Pria berusia 77 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD23,2 miliar.

6. Ye Chenghai - 76 Tahun

Seorang politisi yang berubah menjadi wirausahawan, Ye Chenghai mengepalai Shenzhen Salubris Pharmaceuticals yang membuat obat kardiovaskular, kanker, dan anti-infeksi. Kini, kekayaan pria berusia 76 tahun senilai USD2,41 miliar.

7. Xu Jingren - 75 Tahun

Xu Jingren memimpin kelompok Farmasi Sungai Yangtze, salah satu produsen obat-obatan China dan Barat di China. Perusahaan pendahulu yang di kendalikan pemerintah untuk Sungai Yangtze mempekerjakan XU setelah dinas militernya pada 1970-an. Kini, pria berusia 75 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai 3,23 miliar.

Xu Jingren

8. Zong Qinghou - 74 Tahun

Zong Qinghou mengubah Hangzhou Wahaha Group yang dimiliki secara pribadi menjadi salah satu penjual air kemasan, teh, dan minuman susu terbesar di China. Zong mendirikan HAngzhou Wahaha sebagai toko di sekolah anak-anak di kota Hangzhou pada tahun 1987. Zong merupakan advokat pajak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Tiongkok. Pria berusia 74 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 8,2 miliar.

9. Cho Tak Wong - 73 Tahun

Cho Tak Wong adalah ketua Fuyao Glass Industry Group, salah satu produsen kaca mobil terbesar di Asia. Hobi Cho termasuk bermain golf dan mengoleksi karya seni. Cho menghitung Audi, Fiat, Ford, Honda dan Nissan di antara para pelanggannya. Kini, pria berusia 73 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD2,08 miliar.

Cho Tak

10. Huang Zhenda - 72 Tahun

Huang Zhenda mengepalai Guangdong Lian Tai Group, yang aktif dalam konstruksi, operasi jalan tol, pengembangan properti dan pengolahan limbah. Huang adalah seorang pekerja konstruksi sebelum ia mendirikan Shantou Dahao Municipal Engineering Corp pada tahun 1984. Kini, pria berusia 72 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD2,27 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini