nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Nadiem di Mata Sri Mulyani, Sempat Bikin Minder!

Delia Citra, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 08:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127397 sosok-nadiem-di-mata-sri-mulyani-sempat-bikin-minder-bZQ7K2q9bf.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menunjuk Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Pendidikan Tinggi. Dia diyakini bisa menjadi sosok yang dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Kehadiran mantan Bos Gojek di jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju menjadi perhatian banyak pihak termasuk Sri Mulyani. Dalam susunan menteri itu, Sri Mulyani juga kembali dipercaya menjadi Menteri Keuangan periode 2019-2024.

Berikut Okezone merangkum fakta-fakta mengenai Sri Mulyani menunggu gebrakan Nadiem Makarim:

Baca juga: Ekspresi Kocak Sri Mulyani Ajari Siswa Kelas 6 SD soal Pajak

1. Sri Mulyani Minder Ketemu Nadiem

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, dirinya sempat merasa 'minder' saat pelantikan jajaran Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), lantaran posisinya yang bersebelahan dengan Nadiem Makarim.

Dia menyatakan, keberadaan Nadiem menunjukkan hadirnya menteri generasi muda di pemerintahan periode 2019-2024. Sri Mulyani yang saat ini berusia 57 tahun, kini merasakan berdampingan dengan menteri paling muda, yakni Nadiem yang berusia 35 tahun.

"Waktu saya berdiri sebelahan dengan Nadiem dan mengobrol, saya menyadari i'm old now (saya sudah tua sekarang)," ujar Sri Mulyani.

Momentum Pelantikan Kabinet Indonesia Maju [2] 

2. Sri Mulyani Percaya Kehadiran Nadiem Bukti Adanya Perubahan

Sri Mulyani mengatakan, saat berbincang tersebut tak sekedar mengingatkan perbedaan generasi antara dia dengan Nadiem, tetapi perubahan yang tengah terjadi di dunia. Lantaran, dirinya berkesempatan diskusi sejenak mengenai pemikiran yang dimiliki Nadiem.

"Jadi itu good reminder (pengingat yang baik) . Itu proses yang seharusnya membuat kita sadar bahwa perubahan adalah keniscayaan, berdiri bersebelahan dengan menteri yang usianya baru 35 tahun," kata dia.

3. Sri Mulyani Nantikan Peran Nadiem Makarim di Dunia Pendidikan RI

Sri Mulyani mengatakan, peranan pendidikan itu kunci untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik. Oleh karenanya, Kemenkeu akan mendukung upaya perbaikan bidang pendidikan dan pengelolaan SDM secara umum.

 Momentum Pelantikan Kabinet Indonesia Maju [2]

Sri Mulyani menyatakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pasti akan ada peranan yang sangat penting dalam mendesain keseluruhan pendidikan. Di mana program pendidikan dan kebijakan bidang pendidikan dan pelaksanaan anggaran pendidikan dan evakuasi.

"Sehingga bisa terus update. Pendidikan penting kita bicara ke depan. Bagaimana Indonesia hadapi era globalisasi, era perubahan teknologi, era keterbukaan dan semua ini butuh kesiapan anak-anak didik kita," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini