nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta di Balik Tudingan Jewel Changi Airport Contek Bandara Doha

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 11 November 2019 09:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 09 320 2127793 fakta-dibalik-tudingan-jewel-changi-aiport-contek-bandara-doha-d6Y4qYx9Ge.jpg Jewel Changi Singapura (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Jewel Changi Airport kembali menarik perhatian. Selain dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia selama tujuh tahun berturut-turut, Jewel Changi Aiport dituduh meniru desain Bandara Internasional Hamad, Qatar.

Hal itu disampaikan oleh CEO Qatar Airways sekaligus CEO Bandara Doha, Akbar Al Baker saat menyampaikan rencananya untuk mengubah desain bandara kebanggaan Qatar itu.

Jewel Changi Airpot yang memiliki ‘kebun kota’ di tengah-tengah bandara ini diklaim menyalin desain milik Bandara Doha.

  Baca Juga: Duet Wishnutama-Angela Targetkan Pariwisata Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Indonesia

Okezone meringkas fakta-fakta seputar tuduhan yang dilayangkan Qatar kepada Jewel Changi Aiport karena mensontek desain bandara:

1. Bandara Doha Akan Membangun Taman Tropical Indoor

Pembangunan taman tropical dalam ruangan sebesar 10.000 m2 di pusat bandara ditambah air terjun buatan seluas 268 m2, Bandara Internasional Hamad merencanakan desain baru ini selesai tahun 2020 mendatang.

Taman di dalam ruangan bertemakan tropical itu akan ditempatkan di pusat bandara tepatnya di bawah atap berbentuk kerang dan dikelilingi oleh kaca sepanjang 85 meter.

 changi

2. CEO Qatar Airways Menuduh Jewel Changi Airport Tiru Desainnya

Menurut Executive Traveller, Al Baker mengatakan, desain untuk HIA sudah ada enam tahun lalu dan dicuri oleh orang-orang dari negara lain dalam tim yang tidak disebutkan namanya. “Seseorang menyalin desain kami yang sudah ada sejak enam tahun silam,” ungkap Al Baker.

Ia mengklaim ada anggota tim dari salah satu negara yang mengambil dan menyalin rancangan desain Bandara Doha.

Namun, Al Baker meyakinkan jika desain Hamad International Airport berbeda dengan yang bandara pihak yang mencontek rancangannya.

3. Changi International Airport Menjadi Bandara Terbaik Se-dunia 7 Kali Berturut-Turut

Terlepas dari tuduhan meniru desain negara Qatar, Changi International Airport kembali menduduki peringkat pertama sebagai bandara terbaik. 10 besar bandara terbaik versi Skytrax World Airport Award antara lain: Bandara Changi Singapura berhasil menduduki posisi pertama. Posisi kedua ditempati Bandara Incheon Seoul Korea Selatand dan posisi ketiga yaitu Bandara Munich Jerman.

Kemudian disusul oleh Bandara Haneda Tokyo Jepang, Hongkong Int Airport, Centrair Nagoya Jepang, Zurich Airport Swiss, Heathrow London Inggris, Kansai Int Airport Osaka Jepang, Doha Hamad Int Airport Qatar.

changi

4. Arsitek Moshe Safdie Rancang Jewel Changi International Airport

Selain mendesain Marina Bay Sands. Arsitek keturunan Israel-Kanada ini juga dipercayai mengerjakan proyek mega Jewel Changi International Airport.

Arsitek berusia 81 tahun itu tenaga fokus pada konsep taman dalam ruangan selama beberapa dekade ini. Contoh beberapa buah pemikirannya yaitu Israel’s Ben Gurion Airport dan Marina Bay Sands.

"Kami sangat senang keunikan dan keorisinalitas (Changi International Airport) telah diakui dengan baik oleh internasional sehingga banyak orang ingin menirunya," ungkap Moshe Safdie.

changi

5. Akbar Al Baker Sering Membuat Pernyataan Kontroversi

Bos Hamad International Airport (HIA), Akbar Al Baker terkenal dengan ucapannya yang sedikit pedas.

Tahun 2017 lalu, Ia pernah berkomentar tentang penerbangan AS yang Cuma ‘omog kosong’ dan pramugari atau pramugara yang melayani seperti ‘nenek-nenek’.

Ia juga sempat mengatakan Qatar Airways harus dipimpin seorang pria. Kemudian Al Baker meminta maaf atas perkataan-perkataannya dengan alasan hanya ‘bergurau’ saja. (kmj)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini