nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Infrastruktur Itu Fondasi bagi Negara untuk Bersaing

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 320 2129807 presiden-jokowi-infrastruktur-itu-fondasi-bagi-negara-untuk-bersaing-fIiuvTcAiA.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menghadiri acara diskusi terkait pembangunan infrastruktur di Restoran Seribu Rasa Jakarta. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pada pemerintah Jokowi-JK memang fokus pada pembangunan infrastruktur. Dirinya pun memberikan alasan kenapa harus fokus pada infrastruktur.

Baca Juga: Jokowi Minta Kontraktor Lokal Diprioritaskan Bangun Infrastruktur RI

"Pertama, saya ini terbiasa kerja fokus, saya tak mau kerja semuanya digarap tapi hasil tak jelas. Lebih baik fokus terukur. Kenapa infrastruktur. Karena ini menjadi sebuah fondasi bagi negara kita untuk negara berkompetisi dengan negara lain," ujar dia, Kamis (14/11/2019).

Dia menjelaskan, infrastruktur ini bukan urusan membuat jalan tol, bandara atau pembangkit. Menurutnya, pembangunan infrastruktur juga bisa menciptakan lapangan kerja. Kedua menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru, bukan uang beredar.

Jokowi

"PDB kita hanya di Jakarta atau Pulau Jawa. Tidak. Kita ingin ada titik ekonomi baru. Ketiga, ada perbaikan jaringan logistik kita. negara ini 17.000 pulau yang memerlukan infrastruktur sehingga jaringan logistik lebih baik," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, adanya infrastruktur juga bisa meningkatkan produksi di daerah-daerah. Sehingga infrastruktur yang sudah dikerjakan harus disambungkan dengan sentra produksi.

"Baik pertanian, nelayan, sentra industri kecil dan kawasan industri," pungkas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini