nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kopi Gula Aren Jadi Tren Masa Kini, Intip Khasiatnya

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 320 2130515 kopi-gula-aren-jadi-tren-masa-kini-intip-khasiatnya-ZhCnMWlTIx.jpg Ilustrasi Kopi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang digemari, baik dari kalangan muda maupun tua. Bahkan, kedai kopi juga semakin menjamur di berbagai daerah. Ini tak lepas dari cita rasa kopi yang dianggap enak saat dihidangkan hangat ataupun dingin.

Rupanya, salah satu resep di balik enaknya kopi adalah gula aren. Pasalnya, hampir di setiap kopi ditambahkan gula aren ke dalamnya.

Baca Juga: Dorong Potensi Kopi Dalam Negeri, Pemerintah Revitalisasi BLK di Lampung Barat

Lebih-lebih, Kementerian Pertanian turut mengkampanyekan gula aren di dalam kopi. Hal ini mereka sampaikan melalui akun resminya di Instagram.

"Buat SobaTani yang doyan nongkrong sembari menikmati kopi, cobain kuy kopi gula aren. Oh ya, Menteri Pertanian Bpk. @syahrulyasinlimpo juga penggemar kopi loh, karena ngopi itu akronim dari ngolah pikir, setuju gak #PetaniMilenial?," tulis @kementerianpertanian di Instagram, Jumat (15/11/2019).

kopi

Usut punya usut, ternyata gula aren memiliki khasiat tersendiri agar kopi yang diminum sehari-hari jadi lebih sehat. Misalnya adalah fakta bahwa gula aren kaya akan sejumlah mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

Selain itu, gula aren juga memiliki berbagai macam kandungan. Mulai dari kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan antosianidin.

Baca Juga: Kemenperin Buat Kurikulum SMK Sesuai dengan Industri

Tidak berhenti sampai situ, gula aren juga ternyata rendah akan glikemik (+-35). Dengan demikian, gula ini tidak mudah menaikkan gula darah, berbeda dengan bahan yang tinggi glikemik. Sebab, semakin tinggi glikemik maka semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah.

Perlu diketahui, kopi gula aren menjadi tren terutama di kalangan milenial saat ini. Apalagi kopi menjadi salah satu menu andalan untuk menemani para milenial saat nongkrong.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini