nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelamar CPNS 2019 Ditarget 4,5 Juta, Saat Ini Baru 3 Juta

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 14:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 19 320 2131736 pelamar-cpns-2019-ditarget-4-5-juta-saat-ini-baru-3-juta-QF31kiUQtb.jpg CPNS (Setkab)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) masih optimistis jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan mencapai target. Meskipun kemarin jumlah pelamar CPNS 2019 baru mencapai 3 juta pelamar.

Asal tahu saja, pemerintah memperkirakan jumlah pelamar CPNS pada tahun ini sebanyak 4 hingga 4,5 juta peserta. Angka ini sama dengan jumlah pelamar pada seleksi CPNS pada tahun lalu.

 Baca juga: Situs SSCN Diserbu 45.045 Pelamar CPNS

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian PanRB Andi Rahadian mengatakan, memang secara formasi jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Namun dirinya optimis jumlah pelamar akan mencapai target mengingat minat untuk menjadi abdi negara masih sangat tinggi.

 CPNS 2019

"Kemarin kan sampai 4 hingga 4,5 juta ya. Kurang lebih juga segitu lah. Kita harapkan masih banyak yang mau daftar," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerin PanRB, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

 Baca juga: CPNS 2019, Formasi di Kemenkumham Paling Laris

Lagi pula lanjut Andi, pendaftaran masih akan dilakukan hingga 24 November. Artinya masih ada waktu sekitar sepekan lagi untuk peserta bisa mendaftar.

Berdasarkan pengalaman, jumlah pelamar pada awal awal dibukanya pendaftaran memang sangat rendah. Namun ketik pendaftaran akan ditutup biasannya jumlah pendaftar langsung melonjak.

 Baca juga: Lewat Surat Edaran, Menteri Tjahjo Minta Instansi Petakan Jabatan yang Akan Dipangkas

"Kita perkirakan masih sama, tahun lalu aja angka segitu ya bisa lah sampai segitu lagi. info dari BKN juga masih banyak, kan biasanya saat saat terakhir ya, ini nanti lihat 24 November," ucapnya.

Ditambah lagi lanjut Andi, saat ini masih ada beberapa Kementerian yang belum meng-upload lowongannya ke portal SSCASN, misalnya Kementerian Keuangan.

"Kan itu sesuai kebutuhan kalau dan instansi baik pusat dan daerah juga ya, kesiapan mereka juga yang kita tunggu ya. Tapi yang jelas kan 11 November ini kan sudah kita minta," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini