nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlilit Utang Kartu Kredit, Kamu Harus Perhatikan Ini!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 22 320 2133213 terlilit-utang-kartu-kredit-kamu-harus-perhatikan-ini-v1Alhpa1uO.jpg Kartu Kredit (Reuters)

JAKARTA – Jelang pergantian tahun, pastinya kamu harus mempunyai resolusi yang baru. Bila ingin memikirkan masa depan yang cerah, buatlah resolusi untuk menghapus semua utang di kartu kreditmu.

Menurut survei terbaru dari Bankrate, 2 dari 3 pemilik kartu kredit menanggung beban utang lebih tinggi dalam 1 dekade terakhir.

 Baca juga: Tips Berhemat di Tengah Bulan, Nomor 4 Jarang Dilakukan!

Situs web keuangan pribadi mengadakan polling online dari 2.257 orang dewasa. Hasil menunjukkan, 1.908 orang pengguna kartu kredit. Utang tidak hanya menyeret neraca konsumen ini, tetapi juga membebani pikiran mereka.

 Kartu Kredit

Dua per tiga dari pemegang kartu kredit mengatakan, mereka stress melihat utang pada kartu kredit mereka. Oleh sebab itu, melansir CNBC, Jakarta, Sabtu (30/11/2019), berikut kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kartu kredit dan cara mengatasinya.

 Baca juga: Tips Berbelanja Cerdas di Musim Diskon

Membayar Utang hingga Bertahun-tahun

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, upah dan gaji naik 2,9% untuk periode 12 bulan yang berakhir September 2019.

Masalahnya, walaupun gaji menaik, mereka juga semakin boros untuk berhura-hura. "Mereka memiliki pekerjaan dan gaji mereka naik, tetapi orang-orang ini menghabiskan uang mereka melebihi gaji mereka," kata ujar Analis Bankrate, Ted Rossman.

 Baca juga: Tingkat Suku Bunga Dipangkas? Simak 4 Langkah Keuangan Milenial

Liburan panjang sangat riskan bagi mereka, karena banyak diskon bertebaran. Saat itulah mereka meminjam uang di bank dalam jumlah banyak.

Konsumen menghabiskan uang rata-rata USD1.649 setara Rp23,1 juta (kurs Rp14.068) pada musim liburan ini. Apalagi, tingkat bunga rata-rata pada kartu kredit sekarang ini lumayan tinggi.

Solusi Lepas dari Himpitan Utang

Salah satu cara untuk mengatasi utang pada kartu kredit yaitu dengan menggunakan kartu debit. Kartu-kartu ini tidak membebani bunga dan potongan yang berat.

Kamu juga perlu merencanakan untuk melunasi utangmu. Penawaran 0% bisa saja hanya selama periode promosi, dan tarifnya bisa meroket setelah itu. Pastikan kamu mampu membayar pembayaran bulanan dalam waktu yang ditentukan.

Walaupun tindakan ini tidak cukup untuk menekan utang, kamu juga harus bisa mengelola kebiasaan berbelanjamu.

"Pada akhirnya, kamu harus menghasilkan lebih banyak uang atau belajar untuk mengelolanya dengan baik," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini