Jokowi: Kita Tidak Akan Beli Alutsista yang Teknologinya Usang

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 23 320 2133524 jokowi-kita-tidak-akan-beli-alutsista-yang-teknologinya-usang-jFwfelSaLE.jpg Postingan Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memimpin dua rapat terbatas (ratas). Salah satunya, yaitu yang membahas mengenai kebijakan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista).

Hasil bahasan ratas ini disampaikan Jokowi secara singkat melalui akun resmi Instagram miliknya. Menurutnya, memperkuat alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan regional negara.

Baca Juga: Kangen Rambut Afro, Ini 7 Fakta Billy Mambrasar sang Stafsus Milenial

Lebih jelas ia menegaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia harus menjadi sebuah kekuatan regional yang baik dan disegani. Salah satunya dengan memperkuat alutsista yang sejalan dengan perkembangan teknologi, sekaligus memperkuat industri pertahanan di dalam negeri.

"Itulah yang saya tegaskan dalam rapat terbatas mengenai kebijakan pengadaan alutsista di Jakarta hari ini," tulis Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari akun resmi Instagramnya, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

alutsista

Jokowi juga meminta kepada jajaran terkait untuk membuat rencana dan peta jalan yang jelas mengenai pengembangan industri alat pertahanan di dalam negeri. Di mana peta jalan itu harus dapat menghubungkan industri alat pertahanan dari hulu ke hilir.

Dia juga mengimbau untuk tetap melibatkan pihak BUMN dan pihak swasta dalam pengembangan insutri alat pertahanan tersebut. Dengan begitu, Jokowi yakin bisa mengurangi ketergantungan pada impor alutsista.

Baca Juga: Jadi Staf Khusus Jokowi, Billy Mambrasar: Saya Kira Prank

Selain itu, Jokowi meminta agar pengadaan alutsista tidak lagi berorientasi pada penyerapan anggaran, apalagi sekadar proyek. Dia menegaskan, tidak akan membeli alutsista yang teknologinya sudah usang.

"Kalau pun ada impor alutsista dan kerja sama pertahanan dengan negara lain, saya minta kepastian alih teknologi kepada bangsa Indonesia," tutup Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini