nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Edhy Prabowo Tak Pakai Cara Susi Tenggelamkan Kapal, Ini Faktanya

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 25 November 2019 07:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 24 320 2133827 edhy-prabowo-tak-pakai-cara-susi-tenggelamkan-kapal-ini-faktanya-XHW5w5Lbfc.jpg Menteri KKP Edhy Prabowo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2019-2024. Dirinya menggantikan menteri sebelumnya Susi Pudjiastuti.

Setelah menjabat, Edhy pernah menyatakan akan mengkaji kembali cara Susi Pudjiastuti dalam penenggelaman kapal. Benarkah Edhy Prabowo akan setop penenggelaman kapal? Berikut ini fakta-fakta seputar kabar diberhentikannya kebijakan penenggelaman kapal seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Minggu (24/11/2019).

1. Teruskan Kebijakan yang Baik

Menteri KKP Edhy Prabowo mengaku akan meneruskan kebijakan menteri sebelumnya yang sudah baik, yakni penenggelaman kapal. Namun demikian, Edhy akan mencermati seluruh masukan yang ada terkait kebijakan tersebut.

"Begini, penenggelaman kapal itu kan saya pikir selama itu baik kita teruskan, tapi jangan asal menenggelamkan. Karena ada masukan, kita harus lihat semua," ujar dia.

2. Evaluasi Beberapa Aturan

Menteri KKP Edhy Prabowo bakal mengevaluasi beberapa aturan peninggalan Susi Pudjiastuti. Salah satu aturan yang akan dievaluasi adalah Peraturan Menteri nomor 1 tahun 2015 mengenai Penangkapan Lobster (Panulirus Spp.), Kepiting (Scylla Spp.), dan Rajungan.

“Banyak hal (evaluasi aturan) kan banyak permasalahan di masyarakat yang merasakan, contoh, salah satunya ini ya, Permen 01 dan 56 tentang kepiting, ukuran kepiting. Itu contoh satu. Banyak yang lain sabar saja, tunggu saja, saya enggak mau berpolemik, ada waktunya akan kita sampaikan,” ujarnya.

3. Mengkaji Kembali Penenggelaman Kapal

Edhy Prabowo mengatakan akan mempelajari dulu tentang KKP yang nantinya disampaikan apa yang akan menjadi targetnya. Dirinya pun akan mengkaji kembali cara Susi Pudjiastuti dalam penenggelaman kapal.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menegaskan tidak pernah melarang penenggelaman kapal. Namun yang mesti digarisbawahi, penenggelaman kapal jangan untuk sekadar mencari sensasi, melainkan juga mencari jalan keluar.

4. Menko Luhut Minta Carikan Solusi

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi terkai penyelesaian status kapal perikanan di kantornya. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Dalam rapat kali ini, Menko Luhut meminta para menteri untuk mencarikan solusi terkait kapal sitaan perikanan yang telah dikandangkan. Di mana kapal itu, nantinya berpeluang dihibahkan atau dilelang untuk menambah devisa negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini