Filosofi Ciputra: Mengubah Kotoran dan Rongsokan Jadi Emas

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 470 2134964 filosofi-ciputra-mengubah-kotoran-dan-rongsokan-jadi-emas-JW0apyBytN.jpg Ciputra (Forbes)

JAKARTA - Pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra tutup Usia pada hari ini. Sebagai pengusaha properti senior, dirinya meninggalkan banyak ilmu yang dapat dicontohkan dalam kehidupan.

Jiwa entrepreneurnya pun bisa menjadi contoh bagi para pemula di dunia bisnis. Contohnya saja, Ciputra pernah mengatakan segala sesuatu bisa menjadi emas.

 Baca juga: Dirut Jaya Ancol: Kita Semua Nikmati Semua Karya Ciputra

“Seorang entrepreneur mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas,” ujar Ciputra.

 Ciputra

Menurut Direktur Senior Ciputra Group, Antonius Tanan, pemahaman “mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas” dapat diganti dengan kalimat yang sesuai dengan bisnis real estate.

 Baca juga: Ciputra Pernah Masuk Daftar Miliarder, Berapa Kekayaannya?

Contohnya, seorang Entrepreneur mengubah daerah kering dan gersang menjadi perumahan terkemuka. Selain itu, seorang entrepreneur mengubah sudut kota yang kumuh dan rawan kejahatan menjadi sebuah kompleks gedung komersial multi fungsi yang ramai dikunjungi pelanggan.

“Seorang entrepreneur mengubah lokasi yang terpencil seperti ‘tempat jin buang anak’ menjadi daerah tujuan wisata yang terkenal sampai ke luar negeri," ujarnya.

 Baca juga: Saleh Husin: Selamat Jalan 'Bapak Properti' Indonesia

Jika ditarik dari definisi entrepreneur, kalimat tersebut bisa dijadikan pembelajaran dalam dunia usaha. Seperti, seorang Direktur yang entrepreneur akan mengubah masalah perusahaan menjadi peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Bahkan, seorang Sales yang entrepreneur akan mengubah keraguan pelanggan menjadi sebuah keyakinan baru dalam diri pelanggan bahwa ia juga perlu mengajak teman-temannya untuk tinggal di proyek Ciputra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini