nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Alihkan 112 Pejabat Eselon III dan IV Kemenkeu Jadi Analis Kebijakan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 17:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 29 20 2136097 sri-mulyani-alihkan-112-pejabat-eselon-iii-dan-iv-kemenkeu-jadi-analis-kebijakan-oGXxbKJWWw.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengalihkan 112 pejabat Eselon III dan IV Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi pejabat fungsional Analis Kebijakan. Hal itu menyusul arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perampingan tingkat eselon.

Adapun 112 pejabat tersebut merupakan bagian dari 179 Pejabat Eselon III dan IV serta Fungsional di lingkungan BKF yang telah dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto. Kebijakan ini dinilai dapat menciptakan organisasi yang lebih ramping namun efektif secara fungsi.

 Baca Juga: Sri Mulyani Minder Berdiri di Sebelah Nadiem Makarim

“Kita sebagai jajaran pegawai negara harus melakukan 2 hal yaitu melakukan simplifikasi regulasi dan meningkatkan efisiensi kompetensi dan integritas dari birokrasi. Oleh karena itu kita harus merespons program utama tersebut untuk meningkatkan reformasi dan menjaga agar regulasi kita semakin simpel dan efisien,” ujar Sri Mulyani saat melantik pejabat di lingkungan Kemenkeu, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia mengharapkan pengurangan pejabat Eselon III dan IV dapat memangkas rantai birokrasi dan mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik. Para pejabat fungsional ini diharapkan kaya inovasi dan mampu menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas, sehingga membawa dampak positif bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.

sri mulyani

"Diharapkan anda bisa lakukan analisa kebijakan untuk terus perbaiki kebijakan lingkungan Kemenkeu, ada tolak ukur, target dan hasil yang diharapkan memberikan manfaat bagi kemampuan formulasi kebijakan keuangan negara makin baik," jelasnya.

Sri Mulyani juga melakukan pelantikan 25 Pejabat Eselon II di lingkungan Sekretaris Jenderal, Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, Ditjen Pajak, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Perimbangan Keuangan, Inspektorat Jenderal dan BKF. Sri Mulyani pun berharap para pejabat baru Eselon III tersebut bisa menggali potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam, mengoptimalkan penggunaan aset negara, dan merumuskan kebijakan dengan melibatkan unit teknis.

"Agar kebijakan tersebut tersampaikan dengan baik sehingga uang negara dapat disalurkan kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke," tutup dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini