Sri Mulyani Minder Berdiri di Sebelah Nadiem Makarim

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 20 2123107 sri-mulyani-minder-berdiri-di-sebelah-nadiem-makarim-3J8JJtau9k.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, dirinya sempat merasa 'minder' saat pelantikan jajaran Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), lantaran posisinya yang bersebelahan dengan Nadiem Makarim. Mantan CEO Gojek itu ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Dia menyatakan, keberadaan Nadiem menunjukkan hadirnya menteri generasi muda di pemerintahan periode 2019-2024. Sri Mulyani yang saat ini berusia 57 tahun, kini merasakan berdampingan dengan menteri paling muda, yakni Nadiem yang berusia 35 tahun.

Baca Juga: Susunan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Bidang Ekonomi

"Waktu saya berdiri sebelahan dengan Nadiem dan mengobrol, saya menyadari i'm old now (saya sudah tua sekarang)," ujar Sri Mulyani dalam acara Festival Transformasi 2019 di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Selasa (19/10/2019).

Menurutnya, saat berbincang tersebut tak sekedar mengingatkan perbedaan generasi antara dia dengan Nadiem, tetapi perubahan yang tengah terjadi di dunia. Lantaran, dirinya berkesempatan diskusi sejenak mengenai pemikiran yang dimiliki Nadiem.

Momentum Pelantikan Kabinet Indonesia Maju [2] 

"Jadi itu good reminder (pengingat yang baik) . Itu proses yang seharusnya membuat kita sadar bahwa perubahan adalah keniscayaan, berdiri bersebelahan dengan menteri yang usianya baru 35 tahun," kata dia.

Dia pun mengakui, kehadiran Nadiem di kabinet membuat dirinya merasa 'terusik', lantaran menandakan adanya perubahan yang nyata. Di mana, generasi muda bisa mengambil peran penting dalam mengatur suatu institusi.

"Disumpah di sebelah menteri yang so young (sangat muda), membuat saya seperti terusik (harus berubah)," imbuh dia.

Oleh sebab itu, dia menekankan kepada jajaran pegawai Kemenkeu untuk tidak bersantai tetapi melakukan perubahan yang nyata. Meski kini memiliki menteri yang sama, di mana Sri Mulyani melanjutkan jabatannya di periode kedua pemerintahan Jokowi.

 Momentum Pelantikan Kabinet Indonesia Maju [2]

Terlebih lagi Wakil Menteri Suahasil Nazara yang ditunjuk Jokowi juga berasal dari internal Kemenkeu. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

"Jadi anda tak bisa tenang-tenang saja. Karena saat saya berdiri di sebelah Nadiem, dari situ saya saja bahkan sudah merasa tersundut 'you better change atau akan punah'," kata Sri Mulyani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini