nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eselon III dan IV Dirampingkan, Sri Mulyani Pastikan Gajinya Tidak Berubah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 18:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 29 20 2136105 eselon-iii-dan-iv-dirampingkan-sri-mulyani-pastikan-gajinya-tidak-berubah-ox4SA7IGYc.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Dok. Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, pejabat eselon III dan IV di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang terkena perampingan tak akan mengalami perubahan gaji. Menurutnya hal itu sesuai arahan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Gajinya tidak berubah. Presiden juga kemarin menyampaikan di pidatonya kalau tidak akan mempengaruhi dari sisi penerimaan mereka," ujarnya ditemui di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Sri Mulyani Minder Berdiri di Sebelah Nadiem Makarim

Bendahara Umum Negara tersebut memang telah mengalihkan 112 pejabat eselon III dan IV Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu menjadi pejabat fungsional analis kebijakan. Para analis kebijakan tersebut telah dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto pada hari ini.

Kendati tak mengalami perubahan gaji, Sri Mulyani menyatakan para pejabat eselon III dan IV yang mengalami perampingan tentu akan menikmati fasilitas yang berbeda di jabatan barunya. "Tapi memang mungkin fasilitasnya ada perubahan," katanya.

sri mulyani

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, gaji yang diterima para pejabat eselon III dan IV di setiap kementerian dan lembaga (K/L) yang mengalami perampingan tidak akan berkurang sedikitpun. Sehingga para pejabat eselon III dan IV ini tidak perlu khawatir lagi.

"Ini tidak akan mengganggu income atau gaji atau menurunkan pendapatan eselon," ujarnya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Hotel Rafles, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Menurut Jokowi kebijakan pemangkasan eselon dilakukan semata-mata untuk mempercepat birokrasi di dalam negeri sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat. "Kita akan pangkas mulai tahun depan agar terjadi kecepatan dalam setiap memutuskan perubahan dunia yang begitu cepat," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini