nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal PP Izin Usaha E-commerce, Mendag: UKM Juga Harus Berizin

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 20:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 04 320 2138049 soal-pp-izin-usaha-e-commerce-mendag-ukm-juga-harus-berizin-DBOkiqNegz.jpg Belanja Online (Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Hal ini mengatur izin usaha untuk para pelaku toko online.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan bahwa aturan tersebut akan dievaluasi. Namun, pada prinsipnya, jika usahanya berada di wilayah Indonesia dipastikan harus mempunyai izin usaha tak terkecuali usaha kecil.

 Baca juga: Jokowi Teken Aturan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, Ini Isinya

"Oh iya (usaha kecil juga), kan ada izin usaha, harus ada baik usaha kecil menengah ke atas harus ada selama berjualan di wilayah Indoensia," ujarnya usai ratas dengan Presiden Jokowi, Jakarta, Kamis (4/12/2019).

Ecommerce (Shutterstock)

Mengenai usaha yang tidak memiliki izin, dirinya mengatakan bahwa akan ada sanksi dan lain-lain. Namun, saat ini lebih berfokus untuk memberikan izin usaha yang semakin mudah.

 Baca juga: E-Commerce Indonesia Tumbuh 12 Kali Lipat sejak 2015

"sanksi dan lain-lain nanti tapi pada dasarnya kita mengeluarkan kebijakan dalam hal tadi dan sekarang izin itu kan mudah," ujarnya.

Dirinya mengatakan, aturan tersebut memang bermanfaat bagi banyak hal. Apalagi aturan tersebut memberikan kejelasan dalam berdagang.

Baca juga: E-Commerce Dharma Pertiwi Diluncurkan, Angela Tanoesoedibjo: Teknologi Digital Partner Industri Kreatif

"Kalau orang jualan yang tidak punya izin kan bisa kita merasa dirugikan karena bisa saja orang asing yang menjalankan. Ini kan juga tidak baik untuk usaha kita. Ini kan tidak sehat kalau orang tidak punya izin berusaha," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini