nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Tender, Jadi Kasus yang Sering Dijumpai KPPU

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 21:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 320 2139936 masalah-tender-jadi-kasus-yang-sering-dijumpai-kppu-6is5EWb4dl.jpg Kasus yang Sering Dijumpai KPPU (Foto: Ist)

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat kasus tender pengadaan barang dan jasa masih tetap menjadi terbesar yang ditanganinya. Di mana mayoritas pelanggaran berkatian erat dengan aktivitas korupsi.

"Sebagian besar perkara yang kami ditangani 71% merupakan perkara pelanggaran prinsip persaingan usaha pada proses tender pengadaan barang dan jasa," ujar Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dinni Melanie di kantornya, Senin (9/12/2019).

Baca Juga: 5 Direksi Garuda Dipecat, Kasus Kartel Tiket Pesawat Akan Dihentikan?

Dia menjelaskan, data itu, didapatkan sejak tahun 2000 dan perkara-perkara tersebut erat kaitannya dengan kepala daerah. Pasalnya mayoritas perkara berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di tingkat daerah.

"Tapi, persoalan di luar persaingan usaha bukan menjadi perhatian serta kewenangan komisi kami," ungkap dia.

Baca Juga: KPPU Cium Adanya Kartel oleh Lion Air dan Garuda Indonesia

Dia menambahkan bahwa KPPU sejauh ini telah menerbitkan panduan untuk menghindari terjadinya persekongkolan dalam tender.

Arahan yang diluncurkan lebih dari satu dasawarsa silam menjelaskan bahwa Pasal 22 Undang-undang (UU) No.5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini