Ada Ibu Kota Baru, 8 Bendungan Siap Pasok Kebutuhan Air

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 470 2139656 ada-ibu-kota-baru-8-bendungan-siap-pasok-kebutuhan-air-atoaL18A1W.png Pembangunan Bendungan di Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Instagram/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pembangunan infrastruktur terus dilakukan untuk ibu kota baru yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Salah satunya membuat beberapa bendungan.

Baca Juga: Wajah Ibu Kota Baru, Menteri Basuki: Cerdas dan Standar Internasional

"#KabarPUPR - Dari mana air untuk #IbuKotaBaru? Pemerintah telah merencanakan pembangunan 8 infrastruktur yang menjadi sumber pengambilan air baku. Yang akan segera dibangun adalah Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 10,6 juta m3," tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Pembangunan Rakyat (PUPR) yang dilansir dari akun instagramnya pada Senin (9/12/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Bendungan Sepaku Semoi dibuat di Desa Tengin Baru, Kalimantan Timur. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bendungan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter per detik.

Baca Juga: Kepala Bappenas Tegaskan Pemindahan Ibu Kota Bukan Proyek Bisnis

"Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m2 ini sudah cukup lama direncanakan, awalnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter/detik. Dengan adanya rencana IKN di Kaltim, maka bendungan ini diproyeksikan juga untuk memenuhi kebutuhan air baku di Sepaku sebesar 500 liter/detik," ujarnya.

Menteri Basuki menyatakan, mereka tengah menyiapkan desain awal untuk bendungan tersebut. Bendungan Sepaku Semoi nantinya akan dilelang dengan metode design and build agar pembangunannya dapat diselesaikan lebih cepat. Diperkirakan lelang akan dilakukan pada awal tahun 2020.

Pemerintah tidak hanya membangun satu sumber air saja. Selain Bendungan Sepaku Semoi, pembangunan sumber air baku untuk ibu kota baru akan dilakukan di beberapa tempat.

"Selain Bendungan Sepaku Semoi, infrastruktur sumber air baku untuk IKN yang akan dibangun adalah Bendungan Samboja II, Intake Loa Kulu Sungai Mahakam, Bendungan Lambakan, Bendungan Beruas, Bendungan Safiak, Bendungan Batu Lepek, dan Bendungan ITCHI," tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini