nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teror Kobra, Ini Tips agar Ular Tak Masuk ke Rumah

Vania Halim, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 15:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 16 470 2142486 teror-kobra-ini-tips-agar-ular-tak-masuk-ke-rumah-wBEc94Fmkx.jpg Ular (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebanyak 34 anakan ular kobra meneror warga di Perumahan Royal Citayam Residence, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lalu bagaimana cara sederhana agar ular tidak masuk ke rumah?

Baca Juga: Kenapa Ular Kobra Banyak Ditemukan Saat Musim Hujan?

Peneliti Biologi LIPI Amir Hamidy membagikan tips untuk menghindari agar ular tidak masuk rumah. Dia mengatakan, ular berbisa bisa diusir dengan dengan cara memberikan wangi-wangian.

"Cara mengantisipasi agar ular tidak masuk ke rumah dengan cara membersihkan rumah. Ngepel saja dengan pengharum yang cukup menyengat," katanya kepada Okezone, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Baca Juga: Induk Ular Kobra Ditemukan Sembunyi di Perumahan Grand Depok City

Dia menambahkan, juga menyarankan agar tidak meninggalkan sisa makanan karena akan mengundang tikus. Tikus merupakan makanan ular. Selain itu, jangan meletakan barang-barang bekas seperti tumpukan kayu bekas.

"Ular-ular sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap, misalnya lubang-lubang tanah, lubang kayu lapuk, atau di bawah timbunan daun-daun kering," ujarnya.

Sebelumnya, puluhan anakan ular kobra ditemukan warga di area musala Perumahan Royal Citayam Residence, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Hal serupa juga dilakukan oleh warga di Bogor dengan menggunakan wewangian berupa kapur barus dan kamper.

 Ular

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini