Menhub Sebut 50% Pemudik Nataru Pilih Kendaraan Pribadi

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 320 2145491 menhub-sebut-50-pemudik-nataru-pilih-kendaraan-pribadi-XW441vOZe0.jpg Menhub (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan persiapan dan riset pada masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Hasilnya menunjukkan sebanyak 50% pemudik libur Nataru menggunakan kendaraan pribadi.

"Salah satu pada riset itu menunjukan bahwa yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi sebanyak 50%. Artinya, keinginan menggunakan kendaraan pribadi tetap tinggi," ujar Budi di Pelabugan Kali Adem Jakarta Utara, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga: Puncak Mudik Nataru, Volume Kendaraan di Exit Tol Pejagan Meningkat

Menurut Budi, dalam satu sisi Kemenhub senang dengan adanya hal tersebut, karena menunjukan kemakmuran negara Indonesia, namun di sisi lain ini peringatan bagi semuanya. Pasalnya perjalanan-perjalanan jauh itu seyogyanya menggunakan angkutan massal.

"Seperti kereta api, bus dan lain sebagainya. Tapi dinamika masyarakat terjadi demikian, Oleh karenanya pemerintah harus siap melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih masif," ungkap dia.

Baca Juga: Pemudik Diimbau Berhati-Hati Melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kemudian lanjut dia, pemerintah telah menyediakan jalan tol Jakarta-Cikampek, dengan segala plus minusnya. "Saya pun apresiasi apa yang dilakukan karena itu mengurangi angka kemacetan," kata dia.

Sebelumnya, Kepala PT KAI Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah memperkirakan di tahun ini terjadi lonjakan penumpang sebesar 7% pada masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) dibandingkan periode tahun lalu.

Pada Nataru tahun ini jumlah penumpang diperkirakan mencapai 1,34 juta, naik 7% dibandingkan jumlah penumpang di Nataru tahun lalu yang sebanyak 1,25 juta.

 Menhub

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini