nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dipecat, Mantan CEO Boeing Ini Malah Terima Miliaran Rupiah

Irene, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 19:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 25 320 2145997 dipecat-mantan-ceo-boeing-ini-malah-terima-miliaran-rupiah-ZiaGIAdEpF.jpg Dennis Muilenburg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Dipecatnya Dennis Muilenburg tidak serta merta membuatnya hilang harta. Sebaliknya, mantan CEO Boeing ini akan berlimpang uang setelah ia dipecat.

Jumlah pasti uang yang akan ia terima memang belum dipastikan berapa besarannya. Hal ini akan tergantung pada negosiasinya dengan Boeing, termasuk seperti apa perusahaan mengganggap kepergiannya itu. Apakah pensiun, atau pengunduran diri, atau bisa juga PHK?

 Baca juga: CEO Boeing Dennis Muilenburg Akhirnya Dipecat Imbas Kecelakaan Lion Air

Melansir CNN, Jakarta, Rabu (25/12/2019), pengajuan publik menunjukkan, Dennis bisa mendapatkan tunjangan senilai lebih dari USD30 juta atau Rp420 miliar (USD1 setara Rp14.000). Sedangkan pesangon yang kemungkinan didapatkan Dennis sebesar USD7 juta atau Rp98 miliar.

 Boeing

Tidak hanya itu CEO yang membuat Boeing terkena dua kali skandal jatuhnya pesawat ini memiliki saham senilai USD20 juta atau Rp280 miliar dan paket pensiun berjumlah lebih dari USD11 juta atau Rp154 miliar.

 Baca juga: Hentikan Produksi 737 Max, Boeing Harus Buang Duit Rp1 Triliun/Bulan

Sebelum berkarier sebagai CEO Boeing, Dennis pernah menjabat beberapa posisi eksekutif seperti kepala petugas operasi dan CEO divisi pertahanan dan keamanan dalam perusahaan yang sama.

Pemecatan Dennis Muilenburg sebagai CEO diiringi dengan terperosoknya image Boeing setelah dua kecelakaan fatal dan masalah lainnya menyangkut pesawat 737 Max-nya. Pesawat ini menghasilkan dua kecelakaan hebat yang terjadi di Indonesia pada Oktober 2018 dan Ethiopia pada Maret lalu dengan korban tewas 346 orang.

 Baca juga: Boeing Akan Hentikan Produksi Sementara 737 Max

"Perubahan dalam kepemimpinan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan pada perusahaan yang bergerak maju karena bekerja untuk memperbaiki hubungan dengan regulator, pelanggan, dan semua pemangku kepentingan lainnya," jelas Boeing.

Saat ini, kepala keuangan Boeing bertindak sebagai CEO sementara menggantikan Dennis. Setelahnya David Calhoun yang sekarang memangku jabatan ketua dewan Boeing akan menjabat CEO secara resmi mulai 13 Januari 2020.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini