Pesan Susi Pudjiastuti ke Jokowi soal Lobster, Apa Saja?

Irene, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 320 2146255 pesan-susi-pudjiastuti-ke-jokowi-soal-lobster-apa-saja-PDfqNri7mx.jpg Susi Pudjiastuti (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengirimkan pesan kepada Presiden Jokowi. Pesan ini berisi keprihatinannya terhadap tindakan pembebasan ekspor bibit lobster.

Baca Juga: Benih Lobster Tak Boleh Lagi Ditangkap!

Susi menyampaikan kepada Presiden, apabila ekspor bibit lobster dapat dihentikan, Mantan Menteri KKP ini menyarankan agar Presiden Jokowi bisa mengupayakan penggagalan tindakan ekspor ini. Jika ekspor benih terus menerus dilakukan, menurut Susi akan berbahaya pada industri pembesaran lobster.

"Pak President Yth, bila penyelundupan bibit Lobster (Homarrus& P Penicilatus) bisa dihentikan, gagalkan; pengambilan bibit dengan kedok untuk pembesaran maka akan hancur & runtuhlah Industri Pembesaran (bukan budidaya) Vietnam. Kurang dari 10 negara di dunia yg punya jenis lobster ini," kata Susi dalam akun Twitternya seperti dikutip Okezone, Kamis (26/12/2019)

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kenang Tsunami Aceh 2004, Netizen: Susi Air yang Pertama Kali Beri Bantuan

Pada pesan keduanya kepada Kepala Negara, Susi mengungkapkan selama masih menjabat Menteri KKP dirinya mengaku tidak mampu untuk melakukan penghentian ekspor bibit lobster Indonesia ke Singapura.

"Pak President Yth, 2 tahun terakhir saya tidak mampu menghentikan lebih dari 50%% penyelundupan Bibit Lobster dari Wil Indonesia ke Singapura maupun Vietnam. Walau bila dilihat dari hasil penggagalan penyelundupan nilai estimasi hampir Rp 1 T.. yang berhasil keluar lebih dari 50% nya," tulis Susi.

 Susi Pudjiastuti

Susi juga mengungkapkan penyesalannya terhadap ekspor bibit lobster yang dibuka bebas. Menurut Susi jika ekspor tidak dilakukan, para nelayan akan merasakan panen lobster yang lebih berlimpah.

"Andai saja bibit2 Lobster tadi tidak diselundupkan; di Laut .. maka musim hujan ini para nelayan penangkap Lobster akan merasakan Panen yang lebih dibandingkan 5 tahun yang lalu. Setiap tahun sejak Bapak memerintah penangkapan lobster jumlahnya sudah mulai terasakan. Mereka bersyukur." tambahnya.

Di akhir pesannya, Susi menegaskan kepada seluruh pihak untuk selalu waspada dan tidak menjadikan ekspor bibit lobster ini komersial yang pada akhirnya untuk tujuan penyelundupan.

"Tapi tetap kita harus waspada, pengambilan bibit di alam semestinya tidak untk komersial besar2an. Sidat yg telah dilarangpun diakali para penyelundup dg alasan budidaya. Ditangkaplah glasseel/ bibit sidat untuk pembesaran. Alasan budidaya. Ternyata tetap diselundupkan," tegas Susi.

Sebelumnya, Menteri KKP Edhy Prabowo mengaku sedang membahas kebijakan membuka kembali ekspor benih hewan laut itu. Menurut Menteri Edhy, perizinan ini dilakukan seiring berjalannya kesiapan fasilitas pendukung perkembangbiakkan lobster.

 Susi Pudjiastuti

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini