nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat, Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Liburan!

Irene, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 10:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 27 320 2146704 ingat-jangan-gunakan-kartu-kredit-untuk-liburan-GkBcjI04Uz.jpg Kartu Kredit (Shutterstock)

JAKARTA - Durasi panjang liburan sering kali membuat banyak orang terlena dengan kenikmatannya. Tak jarang orang berani menggelontorkan banyak uang untuk merasakan kepuasan penuh momen liburan.

Pembayaran dengan kartu kredit pun menjadi jalan keluar selama liburan. Namun sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan oleh perencana keuangan.

 Baca juga: Mau Liburan Tanpa Bikin Bangkrut? Ini Caranya!

Perencana Keuangan Agustina Fitria mengatakan, liburan tidak seharusnya menjadi momen di mana keuangan harus dipaksakan. Apalagi sampai harus membayar dengan kartu kredit.

 Kredit

"Pakai uang yang ada saja untuk liburan, dan sebaiknya tidak dipaksakan jika keuangan tidak memadai," kata Fitria dalam pesan singkatnya kepada Okezone, Sabtu (28/12/2019).

 Baca juga: Tips Kelola Keuangan untuk 2020, Investasi dan Jangan Lupa Berbagi

Agustina menyarankan untuk pemakaian kartu kredit yang mendesak, para pengguna agar memastikan betul pembayarannya akan tepat waktu. Selain itu dirinya juga menghimbau untuk para pengguna kartu kredit tidak menggunakan gaji bulanannya untuk membayar tagihan kredit.

"Kalau bayar pakai kredit, kita harus tahu dan pastikan punya uang untuk nanti membayarnya. Dan jangan pakai gaji bulanan. Karena gaji bulanan itu kan sudah ada alokasinya masing-masing," jelas Agustina.

 Baca juga: Viral Biaya TK Mahal, Begini Strategi Persiapkan Keuangannya

Agustina juga menambahkan pada saat pembayaran kartu kredit, para pengguna lebih baik langsung membayarkan secara penuh daripada dicicil. “Karena dalam pencicilan kartu kredit, harus ada bunga yang akan dibebankan dan patut untuk dipikirkan,” tutupnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini