nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Liburan Tanpa Bikin Bangkrut? Ini Caranya!

Irene, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 27 320 2146675 mau-liburan-tanpa-bikin-bangkrut-ini-caranya-jTXhVTcuQt.jpg Bandara (Shutterstock)

JAKARTA - Liburan menjelang Akhir tahun 2019 telah di depan mata. Saatnya berlibur dengan rencana yang telah dipersiapkan.

Namun sering kali dampak yang timbul setelah liburan selesai adalah kebangkrutan. Tak terencananya keuangan saat liburan secara detail menjadi penyebabnya.

 Baca juga: Tips Kelola Keuangan untuk 2020, Investasi dan Jangan Lupa Berbagi

Menurut Perencana Keuangan Agustina Fitria, liburan harus terencana secara spesifik mulai dari pertimbangan budget, tujuan liburan, berapa lama liburan sampai berapa orang yang akan berlibur. Tentunya hal ini harus dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari liburan itu sendiri.

 Liburan

"Harus direncanakan jauh-jauh hari liburannya. Sehingga kita bisa tau rincian biayanya." jelas Agustina Fitria dalam wawancara tertulisnya kepada Okezone, Jakarta, Jumat (27/12/2019)

 Baca juga: 10 Cara Manajemen Keuangan Ala Miliarder agar Makin Kaya Raya

Selain itu, dirinya mengatakan bahwa anggaran juga harus pintar dalam mencari alternatif. Hal ini dimaksudkan untuk dapat tetap melakukan penghematan selama liburan.

"Cari yang bisa dihemat. Karena liburan itu hanya dinikmati sesaat. Dan tidak akan menambah aset kita secara fisik juga. Hanya akan menambah memori," papar Agustina.

 Baca juga: Viral Biaya TK Mahal, Begini Strategi Persiapkan Keuangannya

Lebih detailnya, Agustina menyarankan untuk selalu mengutamakan kenyamanan dibanding dengan kemewahan. Misalnya dalam pemilihan tempat penginapan.

"Hotel ya gak harus mewah, cukup yang nyaman saja," tambah Agustina.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini