Tips Kelola Keuangan untuk 2020, Investasi dan Jangan Lupa Berbagi

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 320 2146221 tips-kelola-keuangan-untuk-2020-investasi-dan-jangan-lupa-berbagi-BDKwA0iAs5.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Ilustrasi: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Tahun baru sudah di depan mata, saatnya kita membuat resolusi utamanya untuk keuangan. Kita bisa belajar dari orang-orang sukses yang berhasil membuat pengeluaran dan pemasukan selalu sehat sepanjang tahun.

Salah satu cara paling cerdas dengan belajar dari orang lain yang memiliki tujuan yang sama. Melansir dari CNBC, Jumat  (27/12/2019), berikut cara miliarder mengelola keuangannya:

1. Investasi untuk Diri Sendiri

Pendiri The Corcoran Group, Barbara Corcoran yang juga pembawa acara podcast Business Unusual dan investor di Shark Tank mengaku selalu membuat resolusi keuangan setiap tahun. Salah satu yang dilakukan berinvestasi bagi diri sendiri.

Baca Juga: 10 Cara Manajemen Keuangan Ala Miliarder agar Makin Kaya Raya

"Tentu, saya bisa memasukkan uang ke dalam bisnis saya yang sedang tumbuh, tetapi saya tahu perlu juga berinvestasi dalam diri saya sendiri untuk maju.,” kata Barbara.

2. Biasakan Berbagi

Pendiri Nunbeliaveable Kuda Biza membagikan cara mengelola uang untuk 2020. Menurutnya, rahasia sukses menjalani hidup adalah dengan memberi.

Tips Mengelola Keuangan

“Rahasia untuk menjalani hidup yang paling berarti adalah memberi. Meskipun ada kedamaian dengan memiliki keamanan dan kenyamanan finansial, tidak ada yang berarti kecuali Anda membantu orang lain dan bersyukur,” katanya.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Kenali Dulu Serba-serbi Mengelola Keuangan

Maka dari itu, buka rekening bank secara terpisah untuk berbagi. Presentase dari penghasilan secara otomatis disetorkan setiap bulan sehingga dapat mudah menyumbang.

3. Tabung 20% dari penghasilan

CEO dari Tiny Devotions Lin Sun mengatakan, sisihkan 20% dari penghasilan dan sisanya untuk ditabung, sumbangan Natal dan investasi. Berkomitmen untuk menjaga pengeluaran dengan konsisten, saat bisnis dan pendapatan tumbuh.

4. Jujur dengan Diri Sendiri

CEO platform manajemen bisnis vCita Itzik Levy mengatakan memiliki resolusi untuk menghubungkan tujuan bisnis dengan nilai-nilai pribadi. Ini adalah cara terbaik untuk membangun bisnis yang sukses.

Ketika kamu jujur pada diri sendiri berusaha untuk disukai, memenangkan rasa hormat, salah satu aset paling kuat yang bisa dimiliki dalam berbisnis.

5. Memahami Metrik Keuangan

CEO SilkFred Emma Watkinson mempunyai resolusi untuk memastikan bahwa memahami metrik yang berbeda, memiliki dampak terbesar pada target keuangan.

“Letakkan sistem untuk memprediksi secara akurat 12 bulan ke depan secara finansial. Dibutuhkan usaha untuk membangun dan memelihara, tetapi begitu Anda memiliki sistem di sana, perkiraan menjadi jauh lebih mudah," ujarnya.

Pertama, tentukan berapa banyak pendapatan yang akan Anda bawa selama 12 bulan ke depan dan buat anggaran untuk bagaimana merencanakan menyimpan atau membelanjakan uang itu.

Siapkan interval pos pemeriksaan mingguan atau bulanan, tempat Anda meninjau nomor Anda untuk melihat bagaimana Anda melacak prediksi Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini