nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menarik Erick Thohir Sambut 2020, Rombak 2 Direksi BUMN Pelayaran

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 08:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 03 320 2148800 fakta-menarik-erick-thohir-sambut-2020-rombak-2-direksi-bumn-pelayaran-Fkrv0g84SY.jpg Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serius dalam bersih-bersih di tubuh BUMN dengan merombak jajaran direksi dan komisaris BUMN.

Sudah banyak BUMN yang 'dibersihkan' Erick Thohir dengan perombakan direksi dan komisaris. Sebelum penghujung 2019, Erick Thohir juga melakukan perombakan struktur direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pelayanan Indonesia (Persero) atau Pelni.

Baca Juga: Selain ASDP, Erick Thohir Juga Rombak Direksi Pelni di Penghujung 2019

Oleh karena itu, Okezone merangkum fakta-fakta seputar aksi perubahan struktur di ASDP dan Pelni oleh Menteri BUMN, Sabtu (4/1/2020):

1. Angkat 2 Direksi Baru ASDP

Pada beberapa hari sebelum pergantian tahun 2020, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat dua direksi baru di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Kedua orang yang dipercayakan sebagai direksi baru ialah Wahyu Wibowo dan Kusnadi Chandra Wijaya.

Wahyu Wibowo yang sempat menjadi Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN ini akan menjabat sebagai Direktur SDM dan Layanan Korporasi di ASDP. Sedangkan Kusnadi Chandra Wijaya yang sebelumnya seorang pejabat karir di ASDP akan menempati posisi sebagai Direktur Teknik dan Fasilitas.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, Erick Thohir Rombak Direksi ASDP

Penunjukkan kedua direksi baru merujuk pada Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor SK-338/MBU/12/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT ASDP Indonesia Ferry.

2. Diharapkan Kinerja ASDP Meningkat

Dengan penunjukan Wahyu Wibowo dan Kusnadi Chandra Wijaya diharapkan kinerja ASDP dapat lebih moncer. Terlebih lagi, salah satu perusahaan BUMN ini sedang mempercepat pembangunan infrastruktur pelabuhan dan peningkatan kinerja pendapatan pelayanan sekaligus keselamatan.

"Dengan bergabungnya dua direktur baru diharapkan dapat berkontribusi positif dalam memajukan perseroan," kata Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi melalui keterangan tertulis, Selasa (31/12/2019).

 Erick Thohir

3. Susunan Direksi ASDP Terbaru

Penunjukkan Wahyu Wibowo dan Kusnadi Chandra Wijaya membuat struktur direktur direksi sudah lengkap, berikut susunannya:

-Direktur Utama: Ira Puspadewi

-Direktur Keuangan dan IT : Djunia Satriawan

-Direktur Perencanaan dan Pengembangan : Christine Hutabarat

-Direktur Komersial dan Pelayanan : M Yusuf Hadi

-Direktur Teknik dan Fasilitas : Kusnadi Chandra Wijaya

-Direktur SDM dan Layanan Korporasi: Wahyu Wibowo.

4. Rombak 2 Direksi Pelni

Tidak hanya ASDP yang merasakan perombakan ala Menteri BUMN Erick Thohir, PT Pelayaran Indonesia (Persero) atau Pelni juga mencicipinya.

Kali ini Kementerian BUMN melakukan perombakan pada dua posisi direksi Pelni. Erick Thohir telah memberhentikan Harry Boediarto Soewarto dari jabatan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut serta Tri Andayani dari jabatan Direktur Keuangan.

Kemudian Menteri BUMN menempatkan penggantinya yaitu Masrul Khalimi sebagai Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, lalu Ony Suprihartono sebagai Direktur Keuangan.

Perombakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-339/MBU/12/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

5. Perombakan Pelni Sebagai Penyegaran

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Yuni Suryanto menyatakan, langkah perombakan ini dalam rangka penyegaran di Perseroan. Selain itu, pengangktan Direksi baru ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan internal perseroan untuk menghdapi tantangan ke depan.

"Perputaran Direksi ini merupakan penyegaran dalam rangka penguatan BUMN. Kami melihat hal ini sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan dari individu yang ditugaskan sehingga, alasan pergantian antar jajaran Direktur di perusahaan BUMN lebih kepada kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya," papar Yuni melalui keterangan tertulis, Selasa (31/12/2019).

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini