nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Jatuh Lagi, Kapitalisasi Pasar Boeing Langsung Turun Rp60 Triliun

Irene, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 16:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 09 320 2151111 pesawat-jatuh-lagi-kapitalisasi-pasar-boeing-langsung-turun-rp60-triliun-JQniWoktdC.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Saham Boeing anjlok 2,3% dan membuat nilai kapitalisasi pasarnya turun USD4,3 miliar atau Rp60 triliun (kurs Rp13.851/USD). Hal ini disebabkan oleh kecelakaan fatal pesawat 737-nya yang terjadi di Iran pada Selasa lalu.

Melansir Business Insider, Kamis (9/1/2020) Ukraine International Airlines yang menggunakan pesawat Boeing 737 terbang dari Bandara Internasional Iran Imam Khomeini menuju Kiev, Ukraina. Namun menurut FlightRadar24, setelah 2 menit lepas landas tepatnya pada pukul 6:12 pagi waktu setempat, pesawat tersebut hilang kontak.

Baca juga: CEO Boeing Dennis Muilenburg Akhirnya Dipecat Imbas Kecelakaan Lion Air

Kedutaan Besar Ukraina di Iran awalnya menghubungkan kecelakaan pesawat ini dengan masalah teknis, namun kemudian mengubah pernyataannya menjadi tidak diketahui penyebab dan sedang dalam penyelidikan.

Penerbangan ini memiliki sekitar 167 penumpang dan 9 anggota awak. Penumpang yang semuanya dinyatakan meninggal ini mencakup penumpang dari warga negara Kanada, Swedia, Afghanistan, Jerman dan Inggris.

Boeing

Seorang Analis Cowen, Cai Von Rumohr menetapkan peringkat untuk saham Boeing menjadi "market perform" dari yang sebelumnya "buy" pada Rabu (8/1/2020). Alhasil, target harga Boeing diturunkan dari USD419 menjadi hanya USD371 per lembar sahamnya.

Boeing sebelumnya telah terperosok dalam dampak dari dua kecelakaan yang melibatkan pesawat seri 737. Persoalan ini menyebabkan beberapa audiensi kongres, pengunduran diri CEO Boeing Dennis Muilenburg, bahkan spekulasi tentang pukulan kepada produk domestik bruto Amerika Serikat.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini