nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengetahui Penyebab Kebocoran di Dinding

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 09:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 14 470 2152609 cara-mengetahui-penyebab-kebocoran-di-dinding-xr2TMKYQ0h.jpg Tembok Bocor. (Foto: Okezone.com/Thespruce)

JAKARTA – Musim hujan menjadi kendala bagi rumah-rumah yang sering mengalami kebocoran. Apalagi, kebocoran tersebut tidak diketahui bagaimana sumbernya.

Kebocoran pun kadang menetes dari atap rumah maupun juga merembes di dinding. Bahayanya bila di dinding perlu mencari sumber yang lebih jelas lagi.

Baca Juga: Ingin Investasi Rumah di Singapura? Ini Tren Properti Tahun Depan

Oleh sebab itu, jika kamu mencurigai adanya kebocoran di dinding janganlah panik. Kebocoran air sering karena lubang kecil dalam sistem air kamu atau kegagalan dalam pengecatan. Melansir dari thespruce, Jakarta, Selasa (14/1/2020), berikut mencari tahu penyebab kebocoran yang merembes di dinding.

Identifikasi Kebocoran

Kebocoran air sering karena lubang kecil dalam sistem pipa ledeng atau kegagalan kecil dalam mendempul atau bahan eksterior lainnya. Air mengambil jalan termudah ke tanah, sehingga sering akan melakukan perjalanan di sepanjang dinding.

Rumah

Jika Kamu tidak yakin, gunakan pengukur kelembaban untuk mengetahui apakah tingkat kelembaban di rumah berada dalam parameter normal dan kamera inframerah untuk mencari kebocoran di balik dinding dan langit-langit.

Baca Juga: Ingin Investasi Properti? Riset dan Perhitungan Kuncinya!

Sumber Kebocoran

Setelah mengonfirmasi adanya kebocoran, kamu harus mengidentifikasi sumbernya. Apabila melihat air atau uap air yang menetes itu tanda ada kebocoran.

1.Plumbing Interior

Untuk mengetahui apakah air berasal dari pipa ledeng yang rusak, matikan semua keran dan peralatan yang menggunakan air, dan tuliskan angka pada meteran air. Tunggu setidaknya tiga jam, kemudian periksa kembali. Jika jumlah air yang digunakan meningkat, itu pertanda kebocoran berasal dari pipa ledeng dalam ruangan.

2.Eksterior di Atas Permasalahan

Mengacu pada penghalang logam yang dipasang antara atap bertemu dengan dinding vertikal seperti ventilasi asap dan cerobong asap. Ada tiga tipe utama yaitu : flashing dasar, flashing langkah, dan flashing balik.

3. Eksterior di Atas Permasalahan

Jika kebocoran Anda terjadi pada level yang lebih rendah, Anda mungkin memiliki masalah eksterior di bawah kelas. Penyebab umum dari jenis kebocoran ini adalah pipa sprinkler yang rusak, drainase yang tidak tepat dari downspouts, atau saluran air Prancis atau gradasi yang miring ke arah rumah.



1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini