Ini Persamaan Permainan Saham Jiwasraya dan Asabri

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 320 2153347 ini-persamaan-permainan-saham-jiwasraya-dan-asabri-3PaBkxBYmw.jpg Kejagung Lengkapi Bukti Kasus Korupsi di Jiwasraya. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih melalukan mempelajari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait kasus PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero).

Baca Juga: Soal Asabri, Sri Mulyani dan Erick Thohir Buat Pernyataan Bersama

"Asabri kami review. Kami lagi audit dengan BPKP, memang seperti yang dibaca oleh media, Asabri ada penurunan saham dan reksa dana signifikan. Kami tadi review dengan BPKP dan Komisaris," ujar Wakil Menteri (Wamen), BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Nantinya, Kementerian BUMN akan melihat siapa saja pihak-pihak yang bertanggung jawab. Setelah itu, sudah pasti sanksi siap diberikan.

Baca Juga: Kementerian BUMN Lakukan Pendalaman soal Dugaan Korupsi Asabri

"Nantinya pada saatnya kami umumkan sanksi dan proses seperti apa," ungkap dia.

Menurut mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini, kasus Asabri dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ada keterkaitan. Namun, pihaknya tetap akan mereview terlebih dahulu soal kasus Asabri.

"Intinya kami tadi review memang saham-saham yang ada di Asabri mirip seperti yang dengan Jiwasraya (saham gorengan). Jadi kami lihat ada semacam hubungan permainan saham di Jiwasraya dan Asabri," kata dia.

Dia menambahkan, mekanisme penyelesaian kasus Asabri berbeda dengan Jiwasraya. Di mana potensi kerugian Jiwasraya lebih besar dibandingkan Asabri.

"Beda ya mekanisme penyelesaian. Karena Asabri asuransi sosial dan potensi kerugian lebih gede Jiwasraya," tandasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini