nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Transportasi Ibu Kota Baru, Jokowi: Autonomous Vehicle

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 15:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 15 470 2153215 konsep-transportasi-ibu-kota-baru-jokowi-autonomous-vehicle-OChFbRTWud.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan banyak menggunakan konsep baru. Konsep baru akan diterapkan pada transportasi massal di ibu kota negara (IKN).

Kepala Negara mengatakan, nantinya akan menggunakan teknologi otomatis atau autonomous vehicle. Salah satunya kendaraan pribadi nantinya menggunakan electric vehicle alias mobil listrik.

Baca Juga: Berteknologi Canggih, Jokowi Ingin Penghuni Ibu Kota Baru Bahagia

"Jadi, nanti gambarnya kita membangun transportasi umumnya adalah autonomus. Mobil-mobil pribadi nanti juga elektrik. Autonomous Vehicle,” ujar dia di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Bangun Ibu Kota Baru, Presiden Jokowi Belajar dari Kota Masdar

Dia menjelaskan, pihaknya akan menerapkan sistem transportasi tersebut, secara efisien dan efektif dalam kehidupan beraktivitas masyarakatnya.

"Sistem yang ingin kita bangun. Semuanya efisien. Semuanya murah. Namun nanti akan saya sampaikan hambatan ke depannya seperti apa," pungkas dia.

Kemudian, lanjut dia, pemindahan ibu kota juga akan berdampak banyak pada perekonomian. Di mana pemindahan ibu kota akan mengubah semua pola kehidupan.

"Dan ibu kota baru ini tidak hanya sebagai perpindahan lokasi saja namun, merupakan perpindahan pola pikir, pola kerja, dan pola budaya bekerja," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini