nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta CPNS, 3.364.897 Peserta Siap Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 08:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 17 320 2154272 fakta-cpns-3-364-897-peserta-siap-ikuti-seleksi-kompetensi-dasar-l9BY9Mzvtm.jpeg Ilustrasi Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/Dok.Kemenpan RB)

JAKARTA – Usai tahap pendaftaran, selesi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bersiap memasuki Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahap tersebut mulai dilaksanakan pada 27 Januari 2020 berakhir pada 28 Februari 2020.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Masyarakat BKN Paryono, seleksi perdana ini akan dilaksanakan serentak 34 Kantor BKN. Jumlah ini terdiri dari Kantor BKN Pusat, 13 Kantor BKN Regional, 20 UPT BKN serta sejumlah titik lokasi mandiri.

Okezone pun merangkum sejumlah fakta menarik terkait tes CPNS 2019, Sabtu (18/1/2020) :

1. 3.364.897 Peserta Telah Lolos Tahap Administrasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) soal ujian CPNS 2019 ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan untuk seleksi.

Baca Juga: Agar Tak Tertinggal dari Vietnam, Alasan Jokowi Pangkas Jabatan Eselon III-V

Pada proses penginputan soal diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data. Oleh karenanya, ia berpesan kepada seluruh Tim Panselnas yang terdiri dari Kementerian PANRB, Kemendikbud, BKN, BSSN, BPPT, BPKP agar mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses seleksi tersebut.

2. 425 Titik Lokasi SKD

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Masyarakat BKN Paryono menyebutkan, bedasarkan data BKN hingga 14 Januari 2020 sudah terdapat 425 titik lokasi (Tilok) yang akan memfasilitasi pelaksanaan SKD. Jumalah ini juga akan terus bergerak sampai tes SKD dimulai.

Baca Juga: Ini Jabatan Eselon III-IV yang 'Bebas' dari Pemangkasan Jokowi

"Untuk Tilok BKN area Jakarta, akan bertempat di Kantor BKN Pusat yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur dan Kantor Regional V BKN Jakarta berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur," ucapnya di Jakarta.

3. 33 Titik Lokasi BKN

Adapun rinciannya adalah 33 titik lokasi disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) baik itu di pusat maupun daerah. Sedangkan 391 titik sisannya merupakan titik lokasi mandiri yang mana seluruh pembiayaan dibiayai oleh instansi penyelenggara.

"Penentuan lokasi pelaksanaan SKD didasarkan atas pertimbangan memberikan kemudahan bagi peserta dalam menjangkau tempat pelaksanaan seleksi," ucap Prayono.

"Penentuan lokasi pelaksanaan SKD didasarkan atas pertimbangan memberikan kemudahan bagi peserta dalam menjangkau tempat pelaksanaan seleksi," ucap Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

4. Soal Ujian Libatkan Badan Pengembangan Bahasa

Saat ini, soal SKD CPNS 2019 dalam tahap penginputan. Setelah sebelumnya soal untuk SKD CPNS 2019 diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019.

"Soal yang telah disusun dipastikan telah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang dilakukan oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim melalui keterangan tertulis.

5. Tahap Pembuatan Soal SKD

Nadiem mengatakan, soal untuk CPNS pada tahun ini dibuat langsung oleh para ahli di bidangnya. Bahkan proses pembuatannya pun cukup ketat karena melewati beberapa tahapan.

Langkah pertama misalnya, dengan melakukan evaluasi pada soal-soal SKD pada tahun sebelumnya. Jika dianggap masih layak maka bisa digunakan lagi meskipun ada sedikit modifikasi.

“Proses evaluasi tersebut melibatkan unsur dari Kementerian PANRB, BKN, BPPT, serta dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud,” ujarnya.

6. Dicari CPNS Berkualitas

Sekertaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im mejelaskan, soal SKD yang diserahkan kepada Menteri PANRB telah disiapkan oleh tim dari berbagai perguruan tinggi, dan dikordinasikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, untuk seterusnya diserahkan ke panselnas untuk digunakan pada seleksi CPNS.

“Kita harapkan soal-soal ini, nantinya dapat menyeleksi calon-calon ASN yang sesuai dan memenuhi visi dan misi bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” ucap Ainun.

7. Soal Ujian

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) soal ujian CPNS 2019 ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan untuk seleksi.

Pada proses penginputan soal diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data. Oleh karenanya, ia berpesan kepada seluruh Tim Panselnas yang terdiri dari Kementerian PANRB, Kemendikbud, BKN, BSSN, BPPT, BPKP agar mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses seleksi tersebut.

8. Ada 521 Instansi Yang Membuka Rekrutmen

Sementara jumlah instansi yang membuka rekrutmen untuk formasi CPNS TA 2019 sebanyak 521 instansi. Adapun rinciannya adalah 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah.

Update per 14 Januari 2020 pukul 10.00 WIB, seluruh instansi yang membuka rekrutmen sudah melakukan verifikasi akhir seleksi administrasi dengan pelamar berstatus Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 3.364.867 orang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini