nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BUJT Diminta Lengkapi Fasilitas Rest Area di Tol Balsam

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 19 320 2155032 bujt-diminta-lengkapi-fasilitas-rest-area-di-tol-balsam-WaeKQQc6Wz.jpg Rest Area. (Foto: Okezone.com/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk dapat memenuhi dan meningkatkan pelayanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol. Salah satunya di ruas Tol Balikpapan-Samarinda.

Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT) meminta supaya kelengkapan fasilitas, kebersihan, kerapihan dan komposisi ruang usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diutamakan. Pasalnya, penyediaan ruang usaha di rest area dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar untuk mempromosikan brand dan produk lokal, termasuk kuliner.

Baca Juga: Ada Singing Road di Tol Trans Jawa, Ini 6 Faktanya

"Seperti halnya di Jalan Tol Balsam (Balikpapan-Samarinda) saat ini juga telah memiliki 3 rest area," tulis Instagram Kementerian PUPR, Minggu (19/1/2020).

Untuk diketahui, jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang telah dioperasikan Desember 2019 ini, memiliki panjang 99,02 km. Perlu diketahui, jalan tol ini memiliki 4 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Manggar Km 2, GT Karang Joang Km 12, GT Samboja Km 33, dan GT Palaran Km 88.

Baca Juga: Jalan Tol Trans Jawa Dipasang Teknologi Singing Road, Apa Itu?

Jalan Tol Balsam juga mempunyai dua Rest Area, meliputi Rest Area Tipe A Km 26 A dan Rest Area Tipe B Km 26 B. Jalan Tol juga berdekatan Bandar Udara Sepinggan di Balikpapan.

Tujuan pembuatan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik. kecepatan, efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik.

Selain itu, jalan tol ini akan memperlancarkan konektivitas anatara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis. Presiden berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda itu juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi, seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini