nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Antisipasi Tersengat Listrik di Tengah Musim Hujan

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 21:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 320 2155120 tips-anstisipasi-tersengat-listrik-di-tengah-musim-hujan-Z7OZjzKe6Y.png Tips Antisipasi Tersengat Listrik saat Hujan (Foto: Okezone.com/Instagram PLN)

JAKARTA - Tahun 2020 diawali dengan musim hujan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, hingga mengakibatkan banjir, angin kencang, dan tanah longsor. Masyarakat pun diminta meningkatkan kewaspadaan bila ingin memperbaiki listrik di musim hujan.

"Sekarang kita masih memasuki musim penghujan. Waspadalah ketika terjadi banjir, karena air merupakan penghantar listrik yang baik," tulis akun Instagram resmi PLN, @pln_id, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi Siap Tangkal Banjir Jakarta

PLN pun memberikan cara mengantisipasi bahaya tersengat listrik saat berada di luar ruangan. Pertama, bila melewati genagan air atau banjir gunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku, dan tegangan listrik yang bocor.

Baca Juga: Tips Aman Menyimpan Dokumen Pribadi, Agar Aman walau Kebanjiran

Kedua saat basah, dalam kondisi ini gunakan sarung tangan karet bila ingin menyentuh instalasi kelistrikan. Hindari berteduh di dekat instalasi listrik seperti tiang, gardu, panel dan lainnya.

Bila menjumpai instalasi kelistrikkan yang berpotensi berbahaya, beri tanda bahaya dan alporkan ke contact center PLN 123.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini