nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Imbau Kapal Besar Tak Buang Sampah di Labuan Bajo

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 12:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155396 jokowi-imbau-kapal-besar-tak-buang-sampah-di-labuan-bajo-jje2VFFCxH.jpg Jokowi (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kapal besar yang masuk ke Labuan Bajo harus terdaftar. Hal ini untuk menjaga ada gerakan kebersihan laut dan karang di kawasan Labuan Bajo. Hal ini untuk menyelesaikan permasalahan sampah darat dan laut.

“Jangan sampai di sini hanya membuang sampahnya, menikmati, dan membuang sampahnya, tetapi masyarakat di sini tidak mendapatkan sebuah pemanfaatan dari datangnya kapal-kapal besar yang masuk,” ujar Jokowi mengutip Setkab, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Baca juga:Menhub Cek Kesiapan Infrastruktur di Labuan Bajo

Jokowi meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk melakukan gerakan tersebut. Hal ini juga berguna untuk menarik investor agar menanamkan modalnya ke Labuan Bajo.

“Meskipun belum banyak tetapi harus mulai kita bersihkan sebelum menjadi sebuah jumlah yang sangat banyak. Juga di darat saya harapkan nanti di Kementerian PU, LHK juga menyiapkan infrastruktur untuk pembuangan sampah," ujarnya.

 Baca juga: Sirkuit MotoGP Mandalika Punya Akses Jalan Maret 2021

Jokowi pun meminta infrastruktur pembuangan sampah tersebut bisa berupa incenerator maupun dengan sistem lainnya.

"Tapi ini juga harus segera diselesaikan,” ujarnya.

 Baca juga: Tinjau Persiapan G20 di Labuan Bajo, Menko Luhut: Saya Pura-Pura Liburan

Dia juga menyoroti pasokan air baku yang kerap kali menjadi keluhan para pemilik hotel di Labuan Bajo. Guna menargetkan Labuan Bajo sebagai surga wisatawan, Presiden kembali mengingatkan pihak terkait seperti Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk senantiasa memberikan kenyamanan.

“Paling tidak kalau mereka melihat di sini ada SAR-nya, ada BNPB-nya rasa aman, rasa nyaman itu akan muncul karena memang bisa kita lihat kesiapan kita dalam mengatasi hal-hal seperti,” imbuh Presiden.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini