Tjahjo Kumolo: Baru 3 Kementerian yang Pangkas Eselon

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 320 2155601 tjahjo-kumolo-baru-3-kementerian-yang-pangkas-eselon-Jf7e5w8JoC.jpg Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Okezone.com/Kemendagri)

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi dan Reformasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, perampingan birokrasi telah dilakukan pada tiga kementerian. Perampingan tersebut supaya kinerja birokrasi pemerintah bisa mendongkrak investasi.

"Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan dan Kemenpan RB sudah melakukan perampingan eselon tersebut," ujar dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (20/1/2020).

Baca Juga: BKN Cek Data Pegawai KPK yang Dijadikan PNS

Dia menuturkan, pihaknya saat ini masih berupaya melakukan perampingan di lingkungan Kementerian dan Lembaga lainnya. Jadi, akan secara bertahap kementerian lain mengikuti.

"Ini kami terus akan melakukan pendampingan kepada semua Kementerian dan Lembaga,(K/L)," ungkapnya.

Baca Juga: Data Pegawai KPK Jadi PNS, Tjahjo Kumolo Stres

Kementerian PANRB telah menyampaikan konsep pemangkasan eselon kepada sekretaris daerah di kabupaten, kota dan provinsi. Dirinya ingin semua paham atas kebijakan yang tujuannya memaksimalkan fungsi pelayanan publik.

"Jadi, nantinya selesai seluruhnya di Kementerian/Lembaga antara setengah tahun sampai setahun," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemangkasan jabatan eselon III-IV dilakukan agar pemerintah bisa lebih cepat bekerja dan mengambil keputusan. Menurut dia, perubahan menuntut pemerintah harus mampu memangkas birokrasi.

"Kita butuh kecepatan dalam bekerja, dalam memutuskan. Kita butuh kecepatan dalam bertindak di lapangan, karena perubahan-perubahan ini sudah sangat cepat," kata Jokowi di Istana Merdeka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini