nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertimbangkan Beban Kerja, Instansi Jangan Sekadar Pangkas Eselon

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 17:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2156199 pertimbangkan-beban-kerja-instansi-jangan-sekadar-pangkas-eselon-iT88UVHwqb.jpg PNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius dengan penyederhanaan birokrasi dengan pemangkasan birokrasi pada jabatan eselon III, IV dan V.

Untuk pelaksanaannya, instansi pemerintah perlu melaksanakan beberapa tahapan. Tahapan itu antara lain identifikasi Jabatan Administrasi pada unit kerja, pemetaan jabatan dan Pejabat Administrasi yang akan dialihkan, penyelarasan tunjangan dengan menghitung penghasilan dalam Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional, serta penyelarasan kelas Jabatan Fungsional dengan kelas Jabatan Administrasi.

Baca Juga: BKN Cek Data Pegawai KPK yang Dijadikan PNS

Dalam penyetaraan jabatan, Jabatan Administrator akan disetarakan dengan Jabatan Fungsional Ahli Madya, Pengawas disetarakan dengan Jabatan Fungsional Ahli Muda, dan Pelaksana (eselon V) disetarakan dengan Jabatan Fungsional Ahli Pertama.

Terkait dengan Pejabat Administrasi yang disetarakan dalam jabatan fungsional mendapatkan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penetapan kelas jabatan fungsional yang akan diduduki yaitu disetarakan dengan kelas jabatan administrasi yang diduduki sebelumnya.

“Saya fikir ini adalah hal yang sangat penting,” kata Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: Terbitkan Aturan Baru, Jokowi Serius Pangkas Eselon III-V

Setiawan mengimbau kepada instansi pemerintah perlu mempertimbangkan dan tidak hanya sekadar memangkas eselon. Perampingan eselon di setiap instansi harus sudah mempertimbangkan analisis jabatan, analisis beban kerja, dan unsur-unsur yang lain.

"Penyederhanaan birokrasi ini untuk mempercepat proses bisnis kita. Jadi mohon kesempatan ini dipakai dengan segala pertimbangan yang matang dan tepat karena setiap instansi memiliki karakteristik yang berbeda-beda," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini