nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ujian CPNS, BKN Minta Sarana dan Prasarana Seleksi Kompetensi Dasar Diperiksa Ulang

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 09:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 22 320 2156431 ujian-cpns-bkn-minta-sarana-dan-prasarana-seleksi-kompetensi-dasar-diperiksa-ulang-6FqJimAaY6.png Ilustrasi Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/BKN)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta seluruh instansi melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Tes dijadwalkan berlangsung mulai 27 Januari hingga 28 Februari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono mengatakan, pihaknya sudah meminta seluruh instansi untuk memastikan kesiapan sarana dan prasaran seperti tempat atau gedung yang akan digunakan SKD. Termasuk di dalammnya infastruktur Teknologi Informasi (TI) seperti client computer (untuk lokasi mandiri), jaringan komputer dan internet, genset, serta infrastruktur pendukung lainnya.

Baca Juga: Pertimbangkan Beban Kerja, Instansi Jangan Sekadar Pangkas Eselon

Adapun pedoman infrsatruktur yang menjadi acuannya adalah Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT BKN) dan Surat Edaran KemenPANRB Nomor B/1007 /S.SM.01.00/2019 perihal Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

"Mengenai pedoman teknis infrastruktur TI seleksi ASN Tahun 2019 ini sudah disampaikan melalui Direktorat Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN kepada seluruh instansi pusat dan daerah," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (22/1/2020).

Baca Juga: BKN Cek Data Pegawai KPK yang Dijadikan PNS

Paryono menjelaskan, mengenai titik lokasi (Tilok) pelaksanaan SKD untuk instansi vertikal (Kementerian/Lembaga) dan masing-masing wilayah kerja Kantor Regional BKN (Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota) akan dipublikasikan melalui media sosial BKN.

"Sementara untuk jadwal detil SKD akan disampaikan masing-masing instansi melalui laman resminya," jelasnya

Sebagai informasi, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menyiapkan 425 titik lokasi untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Angka ini akan terus bergerak sampai tes SKD mulai dilaksanakan.

Adapun rinciannya adalah 33 titik lokasi disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) baik itu di pusat maupun daerah. Sedangkan 391 titik sisannya merupakan titik lokasi mandiri yang mana seluruh pembiayaan dibiayai oleh instansi penyelenggara.

Sementara jumlah instansi yang membuka rekrutmen untuk formasi CPNS TA 2019 sebanyak 521 instansi. Adapun rinciannya adalah 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah.

Update per 14 Januari 2020 pukul 10.00 WIB, seluruh instansi yang membuka rekrutmen sudah melakukan verifikasi akhir seleksi administrasi dengan pelamar berstatus Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 3.364.867 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini