nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hongaria Bakal Investasi Rp7 Triliun Biayai Infrastruktur Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 23 320 2157155 hongaria-bakal-investasi-rp7-triliun-biayai-infrastruktur-indonesia-vrDqjUqntA.jpg Pembangunan Infrastruktur (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertemu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó. Pertemuan itu membahas terkait investasi.

Baca Juga: Infrastruktur Labuan Bajo Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó menawarkan pembiayaan investasi ke Indonesia sebesar USD500 juta atau sekitar Rp7 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

"Jadi, pembiayaan investasi tersebut nantinya akan disalurkan lewat sebuah kesepakatan Hungary dan Indonesia Investment," ujar dia di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi, Kasih Kesempatan Swasta dan Kurangi Proyek BUMN

Menurut dia, sejumlah proyek infrastruktur siap dibiayai dari pendanaan ini. Seperti di bidang transportasi dan penyediaan air minum.

"Kita telah membuat Hungary-Indonesia Investment Fund dengan nilai USD500 juta. Investasi tersebut di bidang infrastruktur transportasi atau sistem penyediaan air minum (SPAM)," ungkap dia.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut kerja sama untuk pendanaan proyek penyediaan air minum di 36 kota kecamatan di Indonesia. Di mana penyediaan air minum dipilih karena kerja sama sebelumnya.

"Dengan keberhasilan itu mereka menawarkan yang kedua. Berapa kebutuhannya, itu masih didiskusikan lagi juga dengan Bappenas," tandasnya.

Sebelumnya, IKK water supply program and small water treatment plan for scarcity area yang juga didanai oleh Hongaria telah berlangsung dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini