nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tata Rumah Sesuai Fengshui Biar Makin Hoki

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 15:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 26 470 2158415 tata-rumah-sesuai-fengshui-biar-makin-hoki-plPqX9Wap4.jpg Fengshui Rumah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Rumah hadap selatan mempunyai posisi duduk sektor utara dan termasuk rumah timur. Berdasarkan teori bazahi, rumah ini berpengaruh baik bagi penghuninya (kepala keluarga) merupakan orang kelompok timur dan mempunyai kua 1.

Dari analisi zona diketahui bahwa sektor yang baik untuk rumah jenis ini adalah selatan, utara, tenggara, dan timur, sedangkan sektor yang buruk adalah barat daya, barat timur, timur laut, dan barat. Untuk itu, ruang timur, ruang utama, ruang tamu, rumah makan, dan ruang keluarga sebaiknya menempati sektor yang baik.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, Intip Tata Letak Feng Shui Klasik dari Zaman Kaisar

Mengutip buku 32 Disian Rumah Sesuai Feng Shui karya Djoko Darmawan, Jakarta, Minggu (26/1/2020), sheng chi adalah chi yang baik. Pada ilmu tata letak China kuno, tujuan orang membangun rumah untuk memasukkan sheng chi dan menghindari sha chi (chi yang buruk).

Menurut teori fey xing, rumah hadap selatan dengan pintu juga berada di sektor selatan dan desain berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar aan mempunyai energi baik merata pada setiap ruang. Atap limasan dipilih sebagai penutup atap untuk desain rumah tinggal ini.

Karena peletakan pintu utama berada di tengah maka fasad rumah ini di-expose dengan bentuk pai lous. Pai lous merupakan gapura atau gerbang suatu tempat pada arsitektur China.

Baca Juga: Fakta Imlek 2020, Impor Buah Meningkat hingga Berkah Pedagang Pernak Pernik

Pintu gerbang tengah berupa pintu dobel rendah mengadopsi bentuk pintu arsitektur tradisional di daerah Lasem. Rumah dengan luas 135 x 105 ini memiliki ruang kerja, 3 kamar mandi, ruang keluarga, 4 kamar tidur, rumah makan, garasi, teras depan dan belakang.

Ruang tidur yang terdiri dari ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang tidur tamu, dan ruang tidur pembantu. Rumah yang nyaman membuatnya betah ditinggali.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini