nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Seleksi Kompetensi Bidang, Pemerintah Cari CPNS seperti Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 31 320 2161143 ada-seleksi-kompetensi-bidang-pemerintah-cari-cpns-seperti-ini-lvZBcQWV1b.jpg Ujian SKD CPNS 2019 (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 sudah dimulai sejak 27 Januari. Nantinya, peserta yang lolos SKD akan masuk ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih mengatakan lewat skema ini, pemerintah ingin mendapatkan pekerja yang tidak hanya pintar secara otak juga, tapi juga memiliki sikap dan perilaku yang baik. Hal ini juga sekaligus untuk merealisasikan apa yang menjadi visi misi Presiden Joko Widodo untuk mencari Sumber Daya Manusia (SDM) unggul

“Terkait sikap dan perilaku ini akan didalami dalam tahapan selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang,” ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: Lulus SKD, Ini Ujian Selanjutnya yang Dihadapi CPNS

Sementara itu, salah satu peserta bernama Silka Alfiati mengatakan bahwa untuk mengikuti seleksi CPNS tidak bisa main-main dan harus dipersiapkan. Bahkan persiapan tidak hanya dilakukan secara fisik dan materi saja tapi secara perilaku juga perlu dipersiapkan.

“Karena untuk menjadi ASN yang berkepribadian baik, bertanggung jawab, dan penuh perhitungan itu tergambar di soal-soal yang dikerjakan,” ujar peserta asal Garut ini.

Peserta lainnya yakni Nurul Fadilah Islami, mengatakan bahwa dengan adanya seleksi CPNS ini dapat menjaring Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih baik. Sebab saat ini, pemerintah butuh tenaga-tenaga terbaik untuk menciptakan invoasi.

“Mudah-mudahan tes CPNS ini menghasilkan generasi yang lebih baik lagi dan memiliki inovasi,” kata Nurul

 Kepala BKN Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini