Angkasa Pura II Siapkan Tiga Langkah Antisipasi Penyebaran Virus Korona

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 320 2161472 angkasa-pura-ii-siapkan-tiga-langkah-antisipasi-penyebaran-virus-korona-7NNLoePc8x.jpg Waspada Virus Korona. (Foto: Okezone.com/NBC News)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan langkah antisipasi penyebaran virus corona di beberapa bandaranya. Apalagi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengeluarkan status waspada dunia.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, setidaknnya ada tiga langkah yang disiapkan oleh pihaknya untuk mengantisipasi penyebaran virus korona di Indonesia. Pertama, dengan terus mengintesifkan koordinasi dengan regulator dan kementerian terkait perihal pencegahan virus korona ini.

Baca Juga: Darurat Virus Korona, Bandara Soetta Dirikan Posko Siaga Monitoring

Sebab, pihaknya juga akan memasang thermal scaner di beberapa bandara. Di sisi lain, pihaknya juga melakukan koordinasi secaara berkelanjutan di tingkat internal.

“Jadi ada tiga langkah yang kami lakukan sebagai upaya pencegahan. Pertama, kami berkoordinasi dengan instansi berwenang yaitu Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan diwujudkan melalui pemasangan thermal scanner dan sebagainya. Kedua, kami juga secara rutin berkoordinasi dengan kementerian terkait mengenai perkembangan terkini dan secara global," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: 10 Saham yang Terimbas Wabah Virus Korona

Kemudian langkah selanjutanya dengan mempersiapkan peralatan dan juga personil di beberapa terminal penumpang pesawat. Nantinya para personil akan melakukan pengecekan dan akan menjadi salah satu orang paling depan yang bersentuhan dengan para penumpang pesawat.

"Kami berharap upaya pencegahan ini efektif. Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dilakukan cara pencegahan yang lain sesuai dengan perkembangan yang ada,” ucap Awaluddin.

Awal menambahkan, pihaknya juga segera mengaktifkan Posko Siaga Monitoring Waspada Wabah Coronavirus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Diaktifkannya Posko Siaga ini juga melihat perkembangan terkini di mana WHO sudah menyatakan bahwa kasus Corona ini sebagai International Public Health Emergency. Kami menyiapkan Soekarno-Hatta sebaik-baiknya untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus ini,” ucapnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini