Pinjam Motor Teman untuk Ikut Tes SKD CPNS, Peserta Ini Lolos Passing Grade

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 320 2163122 pinjam-motor-teman-untuk-ikut-tes-skd-cpns-peserta-ini-lolos-passing-grade-CqXUO3rIWM.jpeg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi cita-cita dan impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan semakin banyaknya peserta yang mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun anggaran 2019 ini.

Selain itu, beberapa peserta juga rela untuk berkorban lebih agar bisa ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebagai syarat lulus CPNS. Oleh karena itu, selama tes SKD berlangsung dari tanggal 27 Januari hingga 28 Februari, banyak sekali kisah perjuangan yang cukup menginspirasi.

Baca Juga: Minta Restu, Peserta Tes SKD CPNS Salim dengan Panitia

Salah satunya adalah kisah Retno Wulandari salah seorang pelamar CPNS di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Peserta asal Kabupaten Trenggalek ini harus meminjam motor temannya untuk bisa ikut tes CPNS.

Kejadian itu bermula ketika Retno ingin menuju tempat tes di Surabaya. Dari rumah menuju tempat tes, Retno harus menggunakan bus dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Oleh karena itu, dirinya pun berniat untuk menuju tempat tes dengan menggunakan bus pada pukul 20.00 WIB karena jika berangkat pada keesokan harinya, maka harus bersiap sejak dini hari dan tidak ada bus yang lewat. Namun bus baru datang pada pukul 22.00 WIB dan langsung beristirahat di tempat kos temannya di Surabaya.

Baca Juga: Ibu Hamil Ini Kontraksi di Tengah SKD CPNS, Bagaimana Nasib Tesnya?

Namun ketika sampai kosan temannya, ternyata Retno tak bisa tidur. Dirinya pun tidak mengetahui pasti mengapa hingga subuh datang, dirinya belum juga bisa tidur meskipun saat itu seharusnya dirinya capai karena habis menempuh perjalanan yang cukup jauh.

"Tapi sampai pagi saya tidak bisa tidur, entah kepikiran tes atau apa," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Selasa (4/2/2020).

Masalah selanjutnya datang ketika dirinya akan berangkat ke lokasi tes. Sebab dirinya tidak memiliki kendaraan di Surabaya, namun karena keinginannya yang kuat, dirinya akhirnya memberanikan diri untuk meminjam motor temannya.

Perjuangan alumni Universitas 17 Agustus 1945 tersebut tak sia-sia. Nilai SKD Retno berhasil melampaui passing grade yang ditetapkan.

Nilai Retno masing-masing yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai 80, Tes Intelegensi Umum (TIU) 95, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mencapai 140.

Sementara, passing grade yang harus dilalui Retno untuk pelamar formasi umum adalah TWK 65, TIU 80, dan TKP 126. Retno mengaku tertantang untuk masuk menjadi CPNS.

"Dengan saingan yang banyak jadi semangatnya lebih tinggi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini