Mau Harga Bawang Putih Turun? Importir Diminta Guyur Stok ke Pasar

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 320 2164328 mau-harga-bawang-putih-turun-importir-diminta-guyur-stok-ke-pasar-SN6Pt7F60T.jpg Bawang Putih (Foto: Okezone.com/Rus Akbar)

JAKARTA โ€“ Makin hari harga bawang putih semakin tinggi saja. Hari ini, mengutip Info Pangan Jakarta, harga bawang putih saja naik sebesar Rp4.286 menjadi Rp51.648 per kilogram (kg).

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara impor pasokan makanan dan minuman yang berasal dari negara yang terjangkit virus korona atau corona virus, terutama China. Salah satu imbas dari keputusan tersebut melambungnya harga bawang putih.

Baca Juga: Dampak Virus Korona, Pemerintah Diminta Impor Bawang Putih Selain China

Melihat kejadian ini, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengemukakan dua saran guna mengurangi tingginya harga bawang putih di pasar-pasar Indonesia.

โ€œYang pertama adalah turunkan stok yang dimiliki importir untuk diguyur ke pasar. Kalau barangnya banyak, otomatis akan menekan harga (bawang putih),โ€ ungkapnya kepada Okezone, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga: Harga Bawang Putih Naik Rp4.897, Jadi Rp47.238/Kg

Kemudian saran yang kedua ialah menghentikan isu mengenai impor bawang putih dan virus korona. Menurut Abdullah, dengan tersebarnya isu akan sangat berdampak kepada harga bawang putih.

โ€œMaka kami dorong agar tidak perlu ada penyebaran isu-isu,โ€ tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini