nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Virus Korona, 4 Pekerja Asing PLTU Buleleng Diisolasi

Irene, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 20:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 08 320 2165382 antisipasi-virus-korona-4-pekerja-asing-pltu-buleleng-diisolasi-OvqByNbo6P.png Virus Korona di China (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengisolasi empat tenaga asing yang bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Celuk Bawang, Buleleng, Bali. Keempatnya baru datang dari China.

Isolasi pekerja asing tersebut sebagai langkah perseroan mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan kerja.

Melansir keterangan persnya, Sabtu (8/2/2020), kedatangan keempat tenaga asing ini langsung dikoordinasikan oleh unit setempat dengan institusi kesehatan setempat yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Saat ini, keempat tenaga kerja asing ini telah diisolasi selama 14 hari sesuai dengan prosedur penanganan virus korona yang dikeluarkan Pemerintah.

Baca Juga: Dalam 2 Minggu, Ini Sektor Perekonomian yang Dilumpuhkan Virus Korona

Sementara itu, PLN juga menerangkan sebanyak 52 orang pekerja di lapangan yang masih berada di China untuk sementara tidak diizinkan kembali ke Indonesia dan diwajibkan untuk mengikuti prosedur standar. Mereka terus dalam pantauan dan diminta untuk melaporkan situasi terbaru dan terus disuplai informasi terbaru terkait kebijakan pencegahan virus korona.

Baca Juga: Virus Korona Lumpuhkan China, Rantai Pasokan Global Terganggu

Sedangkan untuk kalangan internal, PLN mengeluarkan panduan pencegahan virus korona yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini disosialisasikan oleh Divisi Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PLN (Persero) Komang melalui penyebaran brosur, banner dan leaflet guna mengkomunikasikan pencegahan virus korona ini secara menyeluruh kepada para pegawai dan para tamu.

Menurut panduan yang disusun secara sederhana oleh PLN yaitu meliputi Do dan Don't's, hal yang harus dihindari (Don't's) antara lain adalah bertemu dengan orang yang baru tiba tiba di China Daratan sejak bulan Januari2020, bepergian ke China Daratan dengan tujuan apapun hingga peringatan bepergian dicabut oleh otoritas yang berwenang dan menyebarkan info tentang virus korona tanpa kejelasan sumber atau menjadikannya sebagai bahan bercandaan.

Selain itu berikut hal yang harus dilakukan pegawai PLN sesuai dengan panduan, antara lain mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktivitas apapun di lingkungan kerja, memakai masker terutama di tempat umum jika merasa batut, demam, pilek, atau sesak nafas, dan yang terakhir adalah melaporkan ke poliklinik perusahaan atau layanan medis terdekat bila ada rekan kerja yang mengalami gejala demam, batuk, pilek dan sesak nafas.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini